-->
    |

Aliansi Mahasiswa Banten Bela Pimpinan KPK dari Serangan Koruptor

Faktanews.id - Pembelaan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan pimpinanannya terus berdatangan. Kali ini datang dari Aliansi Mahasiswa Banten. Mereka tidak percaya pimpinan KPK melakukan pemerasan seperti yang dituduhkan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) 

Koordinator Aliansi Mahasiswa Banten, M. Mukhlis Sholahudin mengatakan hal yang dituduhkan SYL kepada pimpinan KPK tersebut tidak bisa dipercaya. Tuduhan itu lebih mengarah pada pelemahan KPK karena KPK dibawah pimpinan Firli Bahuri tengah mengusut perkara korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

“Makanya kami tidak diam karena KPK mau dilemahkan. Kami akan terus bela KPK. Dan SYL sendiri kan sudah ditetapkan sebagai tersangka,” ujar Mukhlis pada diskusi bertajuk “Pimpinan KPK Dilaporkan, Apakah Upaya Pelemahan KPK” di Cafe Kupie Lon Cipocok, Banten, Rabu (12/10/2023). Diskusi ini dihadiri puluhan mahasiswa.

Menurut Mukhlis, tuduan SYL kepada pimpinan KPK dan melaporkan Firli Bahuri ke Polda Metro Jaya hanya akal-akalan. Dia tidak percaya jika pimpinan KPK melakukan pemerasan kepada SYL. 

“Tudingan pemerasan terhadap SYL merupakan bentuk upaya pelemahan KPK,” katanya.

Dia menegaskan bahwa gerakan pelemahan KPK ini semakin nyata. Salah satunya dapat dilihat dari beredarnya foto Firli Bahuri dan SYL di sebuah lapangan Badminton. Kemudian dibangun narasi bahwa pimpinan KPK melakukan pemerasan kepada SYL. 

“Saya kira dengan adanya foto yang beredar antara Ketua KPK Firli Bahuri dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo itu merupakan skema akal-akalan untuk melemahkan KPK,” tegasnya.

Dia lantas meminta SYL membuktikan tuduhannya karena tuduhan SYL tersebut tidak hanya masuk katagori pencemaran nama baik pimpinan KPK, tapi juga dapat mencorong citra KPK di mata masyarakat.

“Ketua KPK yang diisukan memeras SYL dengan jumlah uang senilai 1 Miliar Dolar Singapura ini sangat tidak masuk akal karena foto yang beredar dilakukan di lapangan Bulu Tangkis makanya perlu dibuktikan dengan bukti yang kongkrit sebab ini tuduhan yang serius tidak hanya menyerang pribadi tetapi menyerang lembaga negara,” ucapnya.

Kendati demikian, KPK dibawah kepemimpinan Firli Bahuri diharapkan fokus bekerja. Pemberantasan korupsi tidak boleh terganggu hanya karena tuduhan SYL tersebut.

“Mari kit bersama-sama jaga KPK karena KPK ini adalah warisan reformasi yang dibentuk dengan tujuan memberantas korupsi,” pungkasnya.


Komentar Anda

Berita Terkini