-->
    |

DPR Nilai KSAD Dudung Pantas Terima Penghargaan Meritorious Service Award dari Pemerintah Singapura

Faktanews.id - Anggota DPR RI Guspardi Gaus menilai memang pantas Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman mendapatkan penghargaan Militer Kehormatan Singapura, Pingat Jasa Gemilang (Tentera) atau Meritorious Service Medal (Medali Layanan Berjasa) dari pemerintah Singapura.

“Kita berikan apresiasi setinggi-tingginya (kapada KSAD Dudung) karena ada negara lain yang memberikan penghargaan kepada (KSAD Dudung) sebagai putra terbaik TNI, ini diraih karena prestasi yang telah ditunjukkan Jenderal Dudung,” ujar Gupardi saat dihubungi, Sabtu (8/7/2023).

Menurut Guspardi, penghargaan yang diberikan pemerintah Singapura tersebut tentu sudah melalui kualifikasi sebelum diberikan kepada Jenderal Dudung. Menurutnya, bagi pemerintah Singapura Dudung memang pantas mendapatkan penghargaan tersebut.

“Penghargaan yang diberikan itu karena reputasi KSAD dan penghargaan itu tidak bisa dibeli, tidak bisa diminta. Ini harga diri bagi sebuah negara. Tidak mungkin memberikan penghargaan kalau tidak punya prestasi,” katanya. 

Disampaikan Guspardi, tidak mungkin sebuah negara memberikan penghargaan kepada pimpinan TNI negara luar jika yang bersangkutan tidak memiliki prestasi yang cukup gemilang. 

“Ini negara yang memberikan penghargaan kepada pak Dudung, bukan person dan bukan NGO. Negara itu mewakili rakyat dan bangsa. Ini tidak gampang negara mengeluarkan kebijakan memberikan penghargaan kalau person itu tidak memiliki prestasi,” paparnya.

Politisi dari Fraksi Partai Amanat Nasional ini kemudian meminta prajurit TNI mencontoh kerja keras dan reputasi kepemimpinan Jenderal Dudung, sehingga suatu saat nanti bisa dilirik oleh negara lain untuk memberikan penghargaan. 

“Harus ini bagi anggota TNI untuk bagaimana juga membuat prestasi-prestasi sehingga nanti mendapatkan penghargaan dari negara tetangga,” tambah Gupardi.

Guspardi lantas berharap jenderal Dudung terus konsisten meraih prestasi dan menularkannya kepada anah buahnya. Hal ini sangat penting agar nama baik TNI menjadi harum di mata dunia internasional. 

“Penghargaan itu karena prestasi pak Dudung. Yang jelas yang membrikan penghargaan itu adalah dunia luar, tentu kita memberikan apresiasi,” harap Gupardi.

Diberitakan sebelumnya, Jenderal Dudung mendapatkan Medali Kehormatan militer dari pemerintah Singapura. Penghargaan itu diberikan langsung oleh Presiden Halimah Yacob melalui Menteri Pertahanan Singapura, Dr. Ng Eng Hen di kantor Kementerian Pertahanan Singapura, Kamis, 6 Juli 2023 kemarin

Jenderal TNI Dudung dianugerahi penghargaan tersebut, atas kontribusinya dalam memperkuat hubungan pertahanan bilateral antara TNI AD dan Angkatan Darat Singapura.


Komentar Anda

Berita Terkini