-->
    |

DPR Apresiasi Kecintaan KSAD kepada Anak Buah, Hadir Beri Penghormatan kepada Prajurit yang Gugur

Faktanews.id - Penghormatan terakhir Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman kepada prajurit terbaik TNI, Sersan Kepala (Serka) Anumerta Roybertus Simbolon yang gugur dalam baku tembak dengan teroris KKB Papua, disambut positif oleh Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno Laksono. Penghormatan terkahir KSAD ini dianggap sebagai bentuk kekuatan kepemimpinan TNI yang selalu setia kepada semua level, termasuk bawahannya.

Menurut Dave, Jenderal Dudung ingin menunjukkan bahwa tidak ada sekat antara mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) tersebut dengan anak buahnya. Dan sikap KSAD ini dianggap sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan dia terhadap anak buah yang gugur dalam menjalankan tugas negara. Apalaylgi aat ini tidak banyak pemimpin yang punya kepribadian seperti Jenderal Dudung.

“Ya itu penghormatan terakhir dari seorang pemimpin (KSAD Dudung) karena alm Anumerta Roybertus Simbolon sudah mengorbankan segalanya untuk NKRI,” ujar Dave saat dihubungi, Kamis (13/4/2023).

Hal ini disampaikan Dave terkait sikap Jenderal Dudung yang memimpin upacara militer dan bertindak sebagai inspektur upacara dalam prosesi pemakaman jenazah Serka Anumerta Roybertus Simbolon yang berlangsung di Lapangan Sadelor Yonif PR 305/TKR Kostrad, Teluk Jambe Timur, Karawang, Jawa Barat pada Rabu, 12 April 2023. 

“Itu hal yang sangat mulia bagi KSAD sebagai seorang pimpinan dalam memberikan penghormatan terakhir,” katanya.

Dave juga mengecam tindakan brutal kolompok saparatis dan teroris KKB Papua yang menyebabkan sejumlah prajurit dan masyarakat sipil meninggal dunia, termasuk Serka Anumerta Roybertus Simbolon. 

“Sangat mengecam. KKB itu menghambat pertumbuhan ekonomi, perkembangan SDM dan yang rugi adalah masyarakat papua. Mereka harus ditumpas karena sudah membakar, membunuh dan merusak. Itu harus ditumpas,” tambah Dave.

Dave menambahkan Komisi I akan terus mendukung segala upaya yang dilakukan TNI-Polri, BIN dan pemerintah untuk menjaga stabilitas keamanan Papua. Sebab, Papua adalah bagian dari Indonesia, yang harus dijaga dan dilindungi keamanan masyarakatnya. 

“Persatuan dan kesatuan bangsa itu wajib hukumnya kita bela dan kita jaga sampai kapanpun,” tambah Dave.

Politis Golkar ini kemudian meminta prajurit ditugaskan di Pupua difasilitasi dengan perlengkapan paralatan canggih dan modern. 

“Dan kesejateraan keluarga mereka yang ditinggalkan di rumah harus terjamin,” pungkasnya.


Komentar Anda

Berita Terkini