-->
    |

Effendi Simbolon Pertanyakan Pemindahan Lokasi Latihan Super Garuda Shield

Faktanews.id - Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon mempertanyakan lokasi latihan militer gabungan tahunan Super Garuda Shield 2022. Menurut Effendi, pegelaran Super Garuda Shield awalnya akan ditempatkan di Natuna Utara. Tapi, kemudian berlangsung di Baturaja, Sumatera Selatan. Padahal, kata Effendi, ancaman nyata keamanan bagi Indonesia berada di Natuna Utara. 

“Tahun lalu saya dengar di Natuna Utara. Kenapa dipindah (lokasinya). Tanya Panglima dan Menhan,” ujar Effendi saat dihubungi wartawan, Minggu (7/4/2022).

Effendi menduga pemidahan lokasi latihan militer gabungan tahunan Super Garuda Shield dari Natuna Utara ke Baturaja, karena faktot lobi-lobi politik. Padahal, kata dia, ancaman nyata terhadap Indonesia saat ini berada di Natuna Utara.

“Natuna Utara itu kan milik kita, iya dong,” tegas Effendi.

Lebih lanjut, Effendi menegaskan bahwa tidak ada suatu perkembangan dari pertahanan dan keamanan meski Indonesia rajin dan setiap tahun menggelar latihan gabungan bersama negara-negara lainnya.

“Evaluasinya ada. Tapi tidak ada (tindaklanjut) setelah evaluasi. Kan percuma. Pado wae,” tegas Effendi.

Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini lantas menambahkan dirinya akan mempertanyakan soal pemindahan lokasi pegelaran Latihan Super Garuda Shield tersebut saat RDP dengan Menhan dan Panglima TNI di Komisi I DPR.

“Nanti kita tanyakan saat rapat (di DPR). Kenapa dipindah,” tambah Effendi.

Untuk diketahui, Latihan Garuda Shield resmi dibuka pada Rabu (3/8/2022). Latihan milter gabungan yang ke-16 ini diikuti 14 negara.

Mereka adalah Indonesia, AS, Kanada, Perancis, India, Malaysia, Selandia Baru, Korea Selatan, Papua Nugini, Timor-Leste, Inggris, Australia, Singapura, dan Jepang.

Latihan gabungan Super Garuda Shield 2022 ini melibatkan 4.000 tentara dari negara-negara peserta.
Komentar Anda

Berita Terkini