-->
    |

Agum Gumelar Kukuhkan Rachmat-Nuning Pimpin IKAL-Lemhannas Jatim

Faktanews.id - Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Lembaga Ketahanan Nasional (IKAL-Lemhannas), Jend (Purn) Agum Gumelar mengukuhkan kepengurusan Dewan Pengurus Daerah (DPD) IKAL-Lemhannas Jawa Timur. Pelantikan jajaran pengurus masa bakti 2022-2027 ini dilakukan dalam rangkaian Musyawarah Daerah (Musda) DPD IKAL-Lemhannas Jawa Timur yang dilaksanakan di Novotel Samator Surabaya (25/8).


Pelantikan tersebut diawali dengan pembacaan Surat Keputusan dan kata-kata pengukuhan oleh Agum Gumelar. Tak ketinggalan, dalam pengukuhan tersebut juga dilakukan penyerahan pataka kepada Ketua DPD IKAL-Lemhannas Jawa Timur Rachmat Harsono.

Pengukuhan ini merupakan tindak lanjut dari pemilihan Ketua dan juga pembentukan kepengurusan yang dilakukan sebelumnya. Dalam pemilihan Ketua, Rachmat Harsono terpilih secara aklamasi. Rahmat yang juga Ketua Sebelumnya terpilih melalui musyawarah mufakat yang melibatkan 4 kadindat ketua yang hadir.

Selanjutnya Rachmat selaku ketua terpilih Menyusun kepengurusan Bersama tim formatur yang terdiri dari ketiga kadindat lainnya dan pimpinan sidang Musda.

Dalam kepengurusan Rachmat yang juga Direktur Utama PT Aneka Gas Industri Tbk. (Samator) didampingi oleh Nuning Rodiyah selaku sekretaris dan jajaran pengurus lainnya. Mereka merupakan alumni program Pendidikan yang diselenggarakan oleh Lemhannas RI. Beberapa diantaranya KRA/PPRA, PSA/PPSA dan TAPLAI.

Rachmat sendiri merupakan alumni PPRA Ke-53 Tahun 2015, sementara Nuning Rodiyah, Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan akademisi juga merupakan alumni PPRA Ke-53.

Kepengurusan IKAL-Lemhannas Jawa Timur ini juga didampingi oleh Dewan Penasihat diantaranya Laksamana TNI (Purn) Indroko Sastrowiryono, Majend  TNI (Purn) I Made Sukadana, Ketua Komisi A DPRD Jawa Timur Mayjend (Purn) Istu Handono. Selain itu di jajaran ini juga terdapat Akmal Boedianto, Tjahjono Widodo dan beberapa nama lainnya yang merupakan tokoh masyarakat Jawa Timur.

Dalam pidato pengukuhan yang disampaikannya, Agum Gumelar mengingatkan jajaran pengurus yang baru dilantik untuk tetap menjaga jiwa perjuangan yang dimiliki. Sikap apatis harus dihindari dan digantikan dengan semangat mengawal pemerintah secara kritis konstruktif dan elegan. Hal ini harus dilakukan dalam rangka   tercapainya tujuan nasional yang telah digariskan.  

Semua langkah tersebut, menurut Agum, harus didasarkan pada Pancasila yang diamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan bukan hanya sekedar jargon.
Pada bagian lain terkait dengan partisipasi pembangunan di Jawa Timur,.

“Sebagaimana presiden yang tidak ingin melihat rakyatnya menderita,  yakin gubernur di manapun termasuk Jawa Timur, tidak ingin melihat rakyatnya menderita. Disinilah IKAL-Lemhannas harus berperan. Harus memberikan masukan yang berharga bagi pembangunan terutama penguatan nilai-nilai kebangsaan,” katanya.

Dalam kesempatan lain, paska pelantikan, Rachmat Harsono menyatakan kesiapan dirinya Bersama jajaran pengurus IKAL-Lemhannas Jatim Masa Bakti 2022-2027 akan berusaha semaksimal mungkin menjadi katalisator bagi penguatan Pancasila dan nilai-nilai kebangsaan. Sinergi dan kolaborasi baik secara internal pengurus maupun dengan pihak terkait menjadi hal yang senantiasa akan dilakukan dalam rangka itu.
Komentar Anda

Berita Terkini