-->
    |

Peringati Harkopnas di Makam Bung Hatta, Sejumlah Tokoh Aktivis Sampaikan Ikrar Perlawanan terhadap Oligarki

Faktanews.id - Sekelompok tokoh aktivis pergerakan dan demokrasi memperingati Hari Koperasi Nasional di Makam Wakil Presiden pertama RI Moh Hatta di Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Selasa (12/7/2022).

Mereka adalah Ketua Dekopimwil DKI Ferry Juliantono, Prof. Jimly Asshiddiqie, Syahganda Nainggolan, Gus Aam, Lieus Sungkarisma, Wahyono, Satyadarma, Andrianto dan anggota Dekopin lainnya. 

Pada peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75 itu, Jimly menyampaikan sambutan. Pada kesempatan itu, Jimly yang juga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menyoroti soal ketimpangan ekonomi serta menguatnya oligarki, yang dia anggap menuju negara totaliterisme atau totalitarianisme.

Sementara itu, aktivis pro Demokrasi, Andrianto SIP menyampaikan kesaksiannya bahwa koperasi sudah mati suri. Menurutnya, hal itu disebabkan salah satunya karena situasi ekonomi Indonesia mengarah pada sistem liberalisme.

“Sehingga para oligarki menguasai hajat hidup rakyat banyak. Implementasi Pas 33 UUD 45 koperasi sebagai soko guru ekonomi sudah makin jauh ditinggalkan,” papar Andrianto.

Untuk diketahui, acara peringatan Hari Koperasi Nasional ini berjalan hidmat, yang diakhiri dengan penandatanganan ikrar perlawanan terhadap oligarki. 
Komentar Anda

Berita Terkini