-->
    |

Mudik Macet Parah, Pemuda Muslimin Pertanyakan Kinerja Menhub Budi Karya

Faktanews.id - PB Pemuda Muslimin Indonesia menyoroti parahnya kemacetan di sejumlah titik saat arus mudik lebaran berlangsung.

Ketua Departemen Komunikasi dan Informasi PB Pemuda Muslimin Indonesia, Harda Belly mengatakan, Menteri Perbuhungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, seharusnya bisa mengantisipasi kemacetan tersebut.

“Kemacetan mestinya tidak terjadi jika saja Menhub bisa mengantisipasi, tahun ini mudik tanpa PPKM setelah 2 tahun masyarakat dibatasi untuk mudik,” ujar Harda dalam keterangan tertulisnya, Minggu (30/4/2022).

Menurut Harda, wajar saja masyarakat menyampaikan keluhan karena perjalanan mereka ke kampung halamannya terhambat. Terlambatnya masyarakat tiba di kampung halamannya lebih cepat jelas merugikan masyarakat serta berdampak pada operator pelabuhan dan Tol itu sendiri.

“Apalagi pengguna kendaraan dan angkutan umum, pemakaian BBM akan membengkak karena kemacetan parah serta dampak negatif lain,”ujarnya.

Harda lantas mempertanyakan kinerja Menhub Budi Karya. Bahkan Harda juga meminta Presiden Jokowi mengevaluasi Menhub Budi Karya atas peristiwa mandeknya lalu lintas tersebut.

“Kami selaku pemudik tidak ingin kemacetan parah terulang saat arus balik nanti. Sebaiknya pak Jokowi segera mengevaluasi Menhub Budi Karya, karena kelalaian dan ketidaksiapannya,” ucap Harda.

Lebih lanjut, Harda juga mempertanyakan soal tingginya harga tiket pesawat. Dia mengatakan, harga tiket pesawat Jakarta - Balik Papan sama dengan harga tiket Jakarta-New York!

“Di beberapa situs OTA (Online Travel Agent),  harga tiket dari Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta ke Balikpapan mencapai Rp 11.190.200 untuk pulang-pergi menjelang lebaran,”

“Padahal di hari-hari biasa, harga tiketnya paling hanya Rp 2.500.000 jutaan. Harga tiket dari Jakarta ke Balikpapan itu setara dengan harga tiket dari Jakarta ke New York yang nominalnya sekitar Rp 11.790.600 atau bahkan ke Jepang. Dengan banyaknya masalah yang dikeluhkan masyarakat yang melakukan mudik saat ini tentu ini harus disikapi serius oleh bapak presiden,” tutup Harda .

Untuk diketahui, Macet panjang terjadi di sejumlah titik. Tidak hanya di jalan tol Jakarta-Cikampek, tapi pemudik juga mengalami kemacetan panjang di di jalan menuju Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten pada H-2 arus mudik lebaran Idul Fitri 1443 H, Sabtu (30/4/2022).
Komentar Anda

Berita Terkini