-->
    |

Ingin Perkuat Persatuan Umat, Eka Gumilar: Rekat Indonesia Undang 150 Tokoh Bangsa

Faktanews.id - Ketua Rekat Indonesia Raya, Eka Gumilar kembali bakal mengadakan silaturhami dan doa bersama.  Kali ini Rekat akan mengundang tokoh-tokoh agama dan tokoh Bangsa

Rekat Indonesia Raya diketahui sering menggelar acara pertemuan dengan para tokoh daerah lintas agama budaya sejak 2019

Namun sejak pandemi, acara-acara Rekat Indonesia sangat dibatasi dan mengikuti protokol covid dengan ketat.

”Karena kita ingin negara ini lebih aman, sejuk, nyaman dan situasi nasional negara ini kondusif. Makanya kita terus jalin silaturahmi tokoh-tokoh nasional. Kita juga diskusikan masalah-masalah nasional, dan kita berdoa bersama agar kita bersama menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa” ujar Eka kepada wartawan, Kamis (30/3/2022).

Ketika ditanya berapa jumlah undangan tokoh yang akan hadir Eka menyampaikan bahwa Panitia mengundang 150 tokoh. Ini karena dibatasi karena suasana masih pandemi

Pertemuan bakal berlangsung Sabtu, 16 April 2023. Tempat acara di kediaman Eks Menhan Ryamizard Ryacudu, Puri Wira Bhakti Komplek Kostrad, Bekasi, Jawa Barat. Dan kegiatan rencananya akan dipandu Oleh Miing Bagito 
 
Tema yang diusung pada pertemuan nanti adalah “Jadikan Ramadhan Sebagai Momentum Untuk Merekatkan Umat”.

“Mudah mudahan acara ini ikut semakin merekatkan anak bangsa, agar kita bersama menjaga Pancasila dan merawat persatuan,” tukasnya. 

Disampaikan Eka, bahwa panitia menerapkan protokol kesehatan secara ketat selama acara berlangsung. 

“Kan pandemi belum berakhir. Kita ikut aturan pemerintah saja. Terapkan protokol covid dan undangan dibatasi, dan yang bisa masuk yang membawa undangan fisik saja,”ucap Eka.

Lebih lanjut, Eka meminta semua pihak ikut serta menyejukan bangsa apalagi selama bulan Puasa Ramadhan. Hal tersebut dianggap sangat penting karena buat Umat Muslim puasa Ramadhan adalah rukun Islam yang kelima. 

“Mari kita junjung bersama-sama persatuan dan kesatuan bangsa. Hindari semua potensi kegaduhan. Kita bikin masyarakat sejuk, aman, nyaman dan tentram,” katanya.

Eka tidak merinci ketika ditanya siapa saja tokoh yang akan hadir. Dia hanya menjawab secara diplomatis

“Ya, kami mengundang tokoh tokoh agama, tokoh nasional yang ingin Indonesia lebih sejuk dan damai.
Rekat selalu berusaha merekatkan yang terlalu kiri, atau kanan kembali ke kiblat bangsa. Ini tanggung jawab nasionalisme kita semua pada Indonesia,” pungkas Eka. (RAT)
Komentar Anda

Berita Terkini