-->
    |

ASN BerAKHLAK Jadi Fokus BPSDM Kemendagri



Faktanews.id - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan menyelenggarakan seminar pengembangan kompetensi karakter kebangsaaan Indonesia.

Seminar dengan thema “Menumbuhkembangkan Karakter Kebangsaan yang Unggul dan Menanamkan Nilai-nilai ASN yang BerAKHLAK,” ini akan diselenggarakan pada hari Kamis, 3 Februari 2022. 

PBSDM Kemendagri adalah pusat pengembangan kapasitas ASN Pemda, Pejabat dan Kepala Daerah. Terkait thema seminar, Kepala BPSDM Kemendagri Dr. Teguh Setyabudi, M.Pd menjelaskan,  menurutnya thema itu diambil sesuai dengan perkembangan global yang menuntut birokrasi agar semakin smart dan berintegritas. 

“Tuntutan perkembangan global dan peruban lingkungan strategis serta tuntutan kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks, besar dan variatif menuntut birokrasi yang semakin smart dan berintegritas,” jelas Teguh tentang latar belakang pengambilan thema seminar. 

Teguh selanjutnya menyampaikan bahwa tujuan seminar itu diadakan adalah untuk dapat meningkatkan kompetensi. 

“Untuk dapat meningkatkan kompetensi peserta seminar dalam mewujudkan ASN BerAKHLAK,” jelasnya. 

AKHLAK yang disampaikan Teguh adalah akronim dari amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. 

“Orientasinya, agar nantinya generasi emas Indonesia 2045 dengan jiwa Pancasila dan pendidikan karakter yang baik guna menghadapi dinamika perubahan di masa depan,” demikian harapan Teguh. 

Seminar pengembangan kompetensi karakter kebangsaaan Indonesia ini akan diisi oleh pihak yang sangat berkompeten di bidangnya. Diantaranya, Kepala BPSDM sendiri, Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Dr. Baby Siti Salamah, M.Psi, Asisten Deputi Koordinasi Wawasan Kebangsaan Kemenko Polhukam Cecep Agus Supriyanta, S.H., M.Si, Guru Besar Program Pasca Sarjana FISIP UMJ Prof. Dr. H. Agus Suradika, M.Pd. 

Peserta dalam seminar ini adalah ASN di lingkungan Kemendagri dan Pemerintah Daerah yang berjumlah 500 orang yang akan bergabung via zoom. Selain itu, netizen juga bisa ikut menyaksikan jalannya seminar ini melalui channel Youtube.
Komentar Anda

Berita Terkini