-->
    |

Pemuda Indonesia Gaungkan Perintah UUD 45 di Istanbul untuk Kemerdekaan Palestina

Faktanews.id - Konferensi Para Pionir Baitul Maqdis ke-12 diselenggarakan di Istanbul, Turki 1-5 Desember 2021. Konfrensi yang diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai negara ini digelar dalam rangka membangun Hari Solidaritas Internasional bersama Palestina yang jatuh pada 2 Desember. 

Beberapa delegasi pemuda yang hadir dari Indonesia diantaranya; Riyan Hidayat (Sekjend  PGK), Hendri Satrio (OIC Youth Indonesia), Ibrahim (Ketua Umum PP Persis),  Syamsul (PB HMI), Harda (Pemuda Muslimin), dan lain-lain.

Salah satu delegasi Riyan Hidayat, mengungkapkan bahwa kehadirannya dalam forum tersebut tidak lain adalah karena perintah UUD 1945. 

"Saya dan teman-teman hadir disini tidak lain guna membunyikan perintah UUD 45 yang menyatakan bahwa penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan prikemanusiaan dan prikeadilan,” ujar Riyan dalam keterangan tertulisnya yang diterima Minggu (5/12/2021)

Riyan mengatakan bahwa perjuangan Bung Karno atas kemerdekaan Palestina dulu harus dilanjutkan oleh para penerusnya. 

"Kita baca sejarah, Bung Karno tegas memposisikan diri dalam membela Palestina. Dan Pemerintah hari ini kita dorong untuk pula bersikap demikian. Tidak elok abu-abu," tegasnya.

Pihaknya juga mendorong pemerintah untuk dapat melakukan berbagai upaya diplomasi strategis demi kemerdekaan Palestina. 

"Tentu pendekatannya bukan lagi perang secara fisik, akan tetapi, dengan pendekatan ekonomi, budaya, politik dan lain sebagainya,” paparnya saat dihubungi.

Menurutnya, kelantangan pemerintah dalam menyuarakan kemerdekaan Palestina akan dibarengi dengan dukungan rakyat Indonesia.

 "Ada rakyat dibelakang. Rakyat dukung penuh,” tutup Riyan.
Komentar Anda

Berita Terkini