-->
    |

Dirjen Zudan: Turunkan Sifat Tuhan ke Bumi, Layani Masyarakat Tanpa Diminta

Faktanews.id - Dirjen Zudan Arif Fakrulloh mengajak jajaran Dinas Dukcapil Sumba Barat untuk meniru sifat Tuhan yang selalu memberi lebih meskipun tanpa umatnya meminta.

“Ada nggak kita hari ini yang berdoa 'Ya Tuhan berikan kami oksigen agar kami bisa bernafas dengan sehat' atau 'Ya Tuhan berikan kami sinar matahari yang dapat menyuburkan pepohonan'," kata Zudan dengan nada bertanya sekaligus penuh filosofi saat mengunjungi kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Sumba Barat, di Waikabubak, NTT, Selasa (28/12/2021).

"Saya yakin tidak ada yang berdoa seperti itu, tetapi Tuhan tetap memberikan meskipun tanpa diminta. Itulah sifat kasih sayang Tuhan kepada kita," sambungnya.

Maka kepada segenap ASN Dukcapil, Dirjen Zudan meminta untuk memasukkan ke dalam dirinya kasih sayang kepada masyarakat melalui pemberian dokumen kependudukan. 

"Semangat kasih sayang Tuhan tolong dicerminkan dalam pelayanan. Sebab di pundak kita ada tugas mulia memberikan layanan dokumen kependudukan secara terintegrasi,"

Sebagai pemimpin yang menyukai hal-hal detil, Zudan pun tak lupa memberikan contoh konkret. Begini, bila ada pasangan menikah yang meminta layanan akta perkawinan non Muslim dan pecah Kartu Keluarga (KK) dari orangtuanya. Maka pasangan tersebut bukan cuma mendapat akta perkawinan, melainkan mendapatkan juga dua KTP-el suami-istri dengan status menikah. 

"Selanjutnya terbit tiga KK, masing-masing KK-nya sendiri serta KK baru untuk orang tua pihak suami dan KK untuk mertua pihak suami karena istrinya pindah KK," kata Zudan.

Itulah maksud pernyataan Dirjen Zudan yakni memberikan frekuensi yang sama dan menurunkan sifat Tuhan di langit ke bumi.
 
Apakah sudah sempurna? Belum. "Kekurangan kita masih banyak dan itu kesempatan kita untuk belajar lebih banyak. Yang kurang kita tambah, yang masih bolong kita tambal, yang kurang sepurna kita benahi hingga mendekati sempurna," demikian Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh. (MIF)


Komentar Anda

Berita Terkini