-->
    |

Sukses Tangkal Radikalisme, Yenny Wahid Raih Penghargaan dari Pemerintah Jepang

Yenny Wahid (sumber foto: wahidfoundation.org)

Faktanews.id - Dalam situs resmi Kementerian Luar Negeri Jepang , Jumat (20/8/2021) disebutkan, perempuan bernama lengkap Zannuba Ariffah Chafsoh ini dinilai sukses menekan kecenderungan radikalisme dan kekerasan melalui Program Desa Damai.


Titik berat program ini adalah pemberdayaan ekonomi perempuan, memajukan kepemimpinan perempuan, sekaligus melindungi perempuan dari kekerasan berbasis gender.

Diprakarsai UN Women dengan sokongan Pemerintah Jepang sejak tahun 2017, "Program Desa Damai telah berjalan baik di beberapa desa di berbagai daerah," ujar Yenny Wahid, alumnus Universitas Harvard.

Menurut puteri Presiden Abdurahman Wahid ini, dengan perempuan sebagai subyek program, "inisiatif Desa Damai telah membentuk mekanisme inovatif untuk mencegah ekstrimisme dan kekerasan pada level dini di tingkat akar rumput."

Melalui Wahid Foundation yang didirikan pada tahun 2004, Yenny diketahui telah lama bekerja menggaungkan semangat demokratisasi pluralisme, multikulturalisme dan toleransi. Tidak saja pada masyarakat Islam moderat. Tetapi juga menjangkau semua elemen masyarakat Indonesia.

Bahwa Pemerintah Jepang memberikan penghargaan atas program Desa Damai, "Saya maknai sebagai penghargaan kepada kaum perempuan yg berkontribusi dan berdedikasi dalam progran ini," kata Yenny. "Merekalah yang berhak. Saya menerima penghargaan ini atas nama mereka."

Yenny menyampaikan banyak terimakasih dan penghargaan atas apresiasi Pemerintah Jepang. "Saya suprised. Tak pernah mengira Pemerintah Jepang mencermati program ini."

Dalam situs resmi Kementerian Luar Negeri Jepang itu disebutkan juga, Yenny telah banyak berperan mempromosikan kesepahaman antara Jepang dan Indonesia.

Sejak tahun 2015, ia telah banyak berkontribusi mempromosikan hubungan persahabatan antara Jepang dan Indonesia melalui sejumlah kerjasamanya. Misalnya kemitraannya dengan The Japan Foundation.

Serta turut membantu pelaksanaan kerja sama internasional Jepang yang di dalamnya juga turut serta Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). 

Penghargaan Menteri Luar Negeri Jepang pada tahun 2021 diberikan kepada 177 tokoh dan 41 kelompok. Sumber: wahidfoundation.org


Komentar Anda

Berita Terkini