-->
    |

Kronologis Tenggelamnya Kapal Pengayoman IV di Nusakambangan

Kapal Pengayoman IV temggelam di perairan Nusakambangan (sumber dokumentasi Basarnas)

Faktanews.id - Kapal pangayoman IV tenggelam saat menuju Pulau Nusa Kambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (17/9/2021).


Dua orang dinyatakan tewas saat kapal yang biasa digunakan mengangkut tamu dan narapidana ini. Mereka adalah petugas Lapas dan pekerja proyek.

Kapala Basarnas Cilacap, I Nyoman Sidarkaya menjelaskan kronologis tenggelamnya kapal pangayoman IV. 

Pada puku 09:00 WIB, Jumat  17 September 2021 kapal Pengayoman IV berangkat dari dermaga Wijayapura menuju dermaga sodong mengangkut 2 truk proyek dan beberapa petugas.

Ketika berada ditengah perjalanan kapal mulai terlihat oleng dikarenakan angin kencang dan ombak besar dan kuat. Kemudian, kapal pengayoman tenggelam dan terbawa arus menuju ke tengah selat. 

Sementara langkah yang diambil, Sesditjen PAS langsung menuju ke Nusakambangan untuk melakukan koordinasi dan memonitor pelaksanaan penanganan dengan Kakanwil Jateng.

2. Sesuai dengan laporan awal Kalapas 1 Batu NK, langkah-langkah yang telah diambil adalah mengerahkan kapal Pengayoman dan compreng untuk membantu evakuasi.

Kemudian, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk membantu evakuasi dan pertolongan.

Dari hasil evakuasi sementara 6 orang dievakuasi 4 orang selamat. Mereka adaah Nahkoda kapal (P. toro, pegawai lapas batu), dan awak kapal. Sementara dua penumpang lainnya tewas. Mereka adalah petugas lapas dan pekerja proyek. (MIF)
Komentar Anda

Berita Terkini