-->
    |

Eka Gumilar ke Rizal Ramli: Setop Provokasi Warga Soal Sengketa Lahan Sentul City vs Rocky Gerung

Faktanews.id - Konsultan Properti Eka Gumilar menyangkan pernyataan ekonom senior Rizal Ramli yang mengatakan PT Sentul City menyerobot tanah warga, termasuk aktivis Rocky Gerung, di Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kebupaten Bogor. Eka lantas meminta Rizal Ramli berhenti menebar provokasi. 


“Pernyataan Rizal Ramli yang mengomentari kasus sengketa yang menimpa Rocky Gerung dan Sentul City sangat memprovokasi publik dan menebar kebencian, dan potensi membuat perpecahan. Saya enggak nyangka Rizal Ramli mengomentari kasus Rocky Gerung dan Sentul City. Ternyata pemikirannya kerdil” ujar Eka kepada wartawan, Kamis (23/9/2021)

Eka mengaku selama ini hormat dan kagum terhadap sosok dan pemikiran Rizal Ramli. Namun, setelah pemikiran Rizal Ramli berubah dan membela pihak-pihak yang salah Eka mengaku tidak lagi mengagumi Rizal. Menurut Eka, Rizal Ramli kerap menunggangi isu dan situasi atas mama rakyat. 

“Bagaimana tidak, dia mengatakan dengan keji bahwa sentul city merampas tanah rakyat dengan pakaian preman, memaksa memagari pesantren dengan menggunakan preman,dan lain-lain,” beber Keta Forum Rekat Indonesia itu. 

Lebih lanjut, Eka menambahkan pernyataan Rizal Ramli berpotensi mengacaukan situasi. Eka kemudian meminta Rizal Ramli berhenti memprovokasi atas nama rakyat. 

“Kalianlah yang keji, mendompleng dan sebut nasib rakyat, demi rakyat, memprovokasi rakyat tapi anda tega benturkan rakyat dengan perusahaan yang selama ini menjadi sumber mata pencarian mereka,” katanya.

“Bung Rizal Ramli, anda jangan jadi provokator yang hanya terus membuat gaduh,” lanjut Eka.

Eka sendiri mengaku sebagai warga Sentul City. Dia mengatakan Sentul City sudah banyak memberikan mamfaat kepada warga. Di dalam area Sentul City banyak perkantoran dan perdagangan yang mendatangkan rizky bagi warga. Bahkan ada 3 Masjid besar yang biasa dipakai warga beribadah dan mengaji.

“Cara-cara anda membuat fitnah dengan keji dan kejam lebih berbahaya dari penjajah. Anda menggunakan emosi rakyat untuk raih syahwat politik anda,” pungkas Eka.

Eka mengaku menjadi warga di Sentul City sejak 1996 dan selama itu pula kehidupan warga cukup erat, harmonis, tenang, nyaman dan damai. Dia lantas meminta Rizal Ramli tidak membawa sengketa lahan antara Sentul City dan Rocky Gerung ke ranah politik dan rasia. 

“Jangan juga coba ada yang membawa persoalan ini ke persoalan rasis. Warga bojong koneng yang punya lahan HGU tidak ada yang dapat somasi, bung. Somasi untuk pendatang liar yang menduduki tanah dan membangun rumah yang sudah menjadi milik Sentul City. Kalau bukan pemilik sah ya pasti diingatkan, enggak mau baru digusur,” katanya.

Rizal Ramli sebelumnya mengatakan Sentul City menyerobot lahan warga. Dia menuding penyerobotan lahan warga oleh Sentul City merupakan pelanggaran HAM.

“Penyerobotan lahan warga Desa Bojong Koneng, Bogor oleh PT Sentul City menjadi bukti kuat bahwa perusahaan telah melanggar HAM," kata Rizal Ramli saat menggelar konferensi pers bersama ProDemokrasi (ProDEM), di Jakartaz, Rabu (22/9/2021) kemarin.

Dalam kesempatan itu, Rizal Ramli juga meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menghentikan transaksi saham PT Sentul City Tbk di pasar modal dan melakukan audit investigasi terhadap saham perusahaan milik Cahyadi Kumala alias Swee Teng itu dan anak perusahaannya. (RAT)



Komentar Anda

Berita Terkini