-->
    |

Mahasiswi KSM-Tematik Unisma Dampingi UMKM Berbasis Digitalisasi Marketing

Faktanews.id - Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) Tematik merupakan salah satu upaya pengimplementasian ilmu yang dimiliki mahasiswa melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Virus Covid-19 yang menyerang Indonesia dalam beberapa tahun terakhir menyebabkan terhambatnya kegiatan masyarakat di berbagai sektor kehidupan, salah satunya ialah kegiatan KSM ini.


Menanggapi hal tersebut LPPM UNISMA, melakukan terobosan pada kegiatan KSM-Tematik berupa kegiatan KSM-Tematik di Desa masing-masing. Sebanyak 1.452 mahasiswa Universitas Islam Malang mengikuti kegiatan KSM-Tematik ini selama 1 bulan 14 hari sejak tanggal 2 Agustus 2021 hingga 14 September 2021.

Salah satu mahasiswa peserta KSM-Tematik UNISMA, Asih Puspaning Winahyu dari kelompok 61 yang dia dampingi Pembimbing Lapangan Dr. Arfan Kaimuddin, SH.,MH., melakukan program kerja KSM-Tematik dengan tema program “Digitalisasi Marketing” yang dilaksanakan di Desa Labuhan Ratu I, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur, Lampung. 

Program Digitalisasi Marketing ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM untuk melakukan peningkatan dalam pemasaran suatu prodak. Maryam, salah satu pelaku UMKM dalam bidang Tanaman. UMKM ini menjual berbagai jenis tanaman hias mulai dari jenis Aglonema, Kaktus dan masih banyak lagi. 

UMKM ini dirintis dari tahun 2010 dan masih berjalan sampai saat ini. Namun walaupun sudah terbilang cukup lama UMKM ini masih sangat sederhana. Ibu Maryam menjual tanaman hiasnya hanya didepan rumahnya saja, tidak melakukan pemasaran melalui media sosial dan sebagainya. 

Hal tersebut mendorong Asih Puspaning Winahyu selakuk Mahasiswi KSM-Tematik Kelompok 61 UNISMa untuk membantu mengembakan dan memperluas penjualan milik Maryam tersebut. Pelaksanaan Kegiatan dilakukan secara offline selama 7 hari. 

Kegiatan ini berupa pendampingan, mulai dari indentifikasi permasalahan pada UMKM, yakni pendapatan yang terus menurun, kurang maksimalnya penggunaan teknologi, jangkauan pasar penjualan yang belum maksimal.
Upaya yang dilaksanakan dalam program ini yaitu dilakukan pendampingan berupa pelatihan penggunaan aplikasi canva, untuk membuat logo dan editing dalam mengupload produk, pemanfaatan media sosial dan e-commerce berupa website penjualan melalui aplikasi Tokotalk, Shopee, Instagram, Facebook dan Whatsapp. 

Tujuan dilakukan pemasaran melalui berbagai media adalah agar dapat memperluas jangkauan pemasaran produk UMKM Advis Flower’s, sehingga diharapkan pemasaran produk juga meningkat.

“Kegiatan KSM yang dilakukan mbak Asih ini sangat membantu saya dalam mengembangkan usaha saya, dari segi penjualan yang mulai meningkat serta memberikan pengetahuan terkait dengan editing, penjualan secara online baik di e-Commerce, Website, serta media sosial,” Ujar Bu Maryam. (FIK)


Komentar Anda

Berita Terkini