-->
    |

Prof Zudan: Bangun Persaudaran Komunitas Penggemar Bonsai


Faktanews.id - Masa pandemi Covid-19, bukan berarti berhenti berkarya atau mandek beraktivitas. Bagi penggemar bonsai, justru malah kesempatan untuk tetap produktif untuk menambah penghasilan.

Demikian disampaikan oleh Ketua Umum Rumah Bonsai Indonesia (RUBI) Prof. Zudan Arif Fakrulloh saat membuka Parade Akbar Saung Bonsai 2021 di District 1 Meikarta, Cikarang, Bekasi, Ahad (4/4/2021).

"Bonsai itu merupakan wadah untuk berkarya tanpa henti. Dengan hobi bonsai ini menambah persaudaraan karena bertemu komunitas bonsai dari seluruh Indonesia. Jadi meski dalam masa pandemi, kita tetap produktif untuk mendapatkan penghasilan," katanya dalam ajang pameran bonsai bertema: "Bersatu Dalam Karya, Bersinergi dalam Kreasi" yang dibuka selama 10 hari dari tanggal 1 hingga 10 April 2021.

Bagi Zudan yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Korpri Nasional, bonsai tidak sekadar hobi, tetapi juga memberi edukasi agar tanaman bonsai mempunyai nilai ekonomi bagi penggemarnya

"Itu sebabnya RUBI didirikan sebagai wadah pembinaan bagi anggota ssekaligus edukasi ke masyarakat," tandas Zudan.

RUBI dan Saung Bonsai kerap menggelar pameran bonsai di berbagai daerah di seluruh Indonesia. 

"Budi daya bonsai itu tetap memerlukan strategi  marketing melalui acara pameran seperti ini. Pameran adalah ruang yang efektif untuk menunjukkan karya karya kreatif," ujar Zudan.

Parade Akbar Saung Bonsai 2021 diikuti oleh sejumlah peserta dengan memamerkan sebanyak 338 pohon, antara lain Serut (Streblus asper), Beringin (Ficus), Cemara (Juniperus), Pinus (Pine), Azalea (Rhododendron), dan banyak lagi jenis lainnya.

Acara terselenggara atas kerja sama Saung Bonsai & District 1 Meikarta dan disupport oleh Rumah Bonsai Indonesia (RUBI), PPBY Yogyakarta, Bonsai Jonggol, Tunggak Semi Tanggerang, R.M Kapalai, Saung Bonsai Setu, Awi Bonsai, Rubi Indramayu, Kosbi, Black Scissor, Kosmi, , Rubi Yogyakarta, Komunitas Bonsai Malang, Pupus Hijau, Tanaman Hias Mini, Bonsai Jakarta Bersatu, Galeri Bonsai Bekasi, dan Rubi  Sukabumi. (HRM
Komentar Anda

Berita Terkini