-->
    |

Dirjen Dukcapil Beri Kuliah Umum Mahasiswa D-4 Demografi dan Pencatatan Sipil UNS

Faktanews.id - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri), Prof. Zudan Arif Fakrulloh memberikan kuliah umum bagi Mahasiswa-mahasiswa program studi D-4 Demografi dan Pencatatan Sipil Universitas Negeri Sebelas Marat (UNS). Kuliah umum disampaikan secara daring Selasa (09/03/2021).

Mahasiswa cukup antusias mendengarkan materi terkait penyelenggaraan administrasi kependudukan (Adminduk) di Indonesia yang disampaikan Prof. Zudan

Banyak mahasiswa yang bertanya mengenai konsep pelaksanaan dan pelayanan administrasi kependudukan, khususnya di bidang pemberian dokumen kependudukan.

Dijawab Dirjen Zudan, dijelaskan bahwa pemberian dokumen kependudukan tidak lain adalah titah konstitusi untuk negara memberikan perlindungan hukum atas status penduduk itu sendiri.

“Dalam konteks kehidupan bernegara, administrasi kependudukan penting untuk memberikan perlindungan hukum atas status penduduk itu sendiri melalui pemenuhan identitas yang semuanya tercermin dalam 24 output dokumen kependudukan,” jelasnya.

Administrasi kependudukan, lanjut Zudan, juga penting karena telah menciptakan suatu big data kependudukan yang telah banyak berkontribusi pada peningkatan kualitas di berbagai bidang.

“Hingga saat ini, telah ada 2.849 Kementerian/Lembaga yang memanfaatkan big data kependudukan. Hal ini membuktikan pentingnya administrasi kependudukan bagi peningkatan kualitas berbagai instansi, khususnya instansi pelayanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi, serta penegakan hukum dan pencegahan kriminal,” rincinya.

Zudan juga mengatakan bahwa mahasiswa D-4 Demografi dan Pencatatan Sipil UNS patut berbahagia. Pasalnya, alumni program studi tersebut berkesempatan bergabung dengan jajaran pengelola administrasi kependudukan di Indonesia, yang notabene adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia.

“Berbahagialah, karena rekan-rekan semua nantinya berkesempatan bergabung di jajaran yang mengeloala administrasi kependudukan terbesar nomor 4 di planet bumi,” tutur Zudan kepada para mahasiswa.

Adapun mengenai pendirian program studi D-4 Demografi dan Pencatatan Sipil di UNS itu sendiri, Zudan mengatakan bahwa tujuannya tidak lain adalah menciptakan sumber daya manusia yang kompeten dan siap bekerja di urusan administrasi kependudukan.

“UNS adalah universitas pertama di Indonesia yang memiliki program studi D-4 Demografi dan Pencatatan Sipil. Harapannya, program studi ini dapat menciptakan SDM siap-kerja yang dapat ditempatkan di berbagai isntansi pelaksana adminisrasi kependudukan,” tutupnya. (HMZ)

Komentar Anda

Berita Terkini