-->
    |

Vaksin Bukan Satu-Satunya Solusi Keluar dari Pandemi Covid-19

Faktanews.id - Proses vaksinasi Covid-19 sudah didepan mata, Sejak kedatangan vaksin Covid-19 Sinovac di Indonesia, muncul setitik harapan dari publik terhadap penuntasan pandemi. Masyarakat luas di seluruh dunia termasuk Indonesia saat ini tengah menanti-nantikan peredaran dan proses vaksin Covid-19.  

Direktur Bakornas LKMI PB HMI Muh Facrurrozy Basalamah mengatakan, vaksin bukanlah satu-satunya solusi pamungkas dalam melawan pandemic Covid-19 ini.

“Vaksin bukan satu-satunya solusi untuk mencegah penularan Covid-19. Vaksin adalah bentuk intervensi kesehatan kepada masyarakat dalam rangka kita menciptakan kekebalan secara massal, yaitu herd immunity. Dan kita semua tetap wajib menerapkan protokol Kesehatan dimanapun dan kapanpun,” Ujar Facrurrozy  dalam keterangannya, Senin (11/1/2021).

Sembari menunggu proses vaksinasi Covid 19 ini. Menurut dia, hal terpenting yang perlu diperhatikan yaitu seluruh lapisan masyarakat harus disiplin mempraktikkan dan menjalankan protokol kesehatan 3M. Yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun sehingga dapat betul-betul melindungi masyarakat. semakin banyak masyarakat yang menerapkan perilaku 3M maka ini semakin baik. 

"Dengan menerapkan perubahan perilaku dan hadirnya vaksin, pasti masyarakat Indonesia akan terlindungi dan bisa kembali beraktivitas dengan cara yang baru," katanya.

Kemudian dimasa pandemi ini, dia meminta semua pihak harus bisa menjadi masyarakat cerdas dan selektif dalam menerima informasi, sebelum mempercayai dan membagikan informasi tersebut kepada orang lain. Terlebih lagi beberapa hari belakangan ini banyak muncul berita-berita hoax soal vaksin sehingga persebaran hoaks mengenai vaksin dan Covid-19 bisa menghambat proses vaksinasi. Pemerintah dan masyarakat perlu berkolaborasi untuk memerangi hoaks agar Indonesia segera keluar dari pandemi.

“Oleh karena itu, kami meminta kepada masyarakat untuk lebih waspada dalam menyikapi informasi tidak benar atau hoaks yang beredar. Salah satunya adalah isu mengenai pandemi dan vaksin Covid-19 dan mari kita Bersama sama mendukung dan mengawal seluruh proses vaksinasi ini agar berjalana sukse,” tambahnya.

Kehadiran vaksin dan proses vaksinasi COVID-19 memang menjadi dasar dari optimisme seluruh masyarakat. Untuk menjaga optimisme tersebut, seluruh elemen dari lapisan masyarakat, tenaga medis hingga pemerintah harus terus bergerak bersama, bergotong royong menjalankan perannya masing-masing. 

Salah satunya dengan tetap pakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan hindari kerumunan, serta siap divaksin saat vaksin siap, untuk Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit, Indonesia Maju. (MMA)

Komentar Anda

Berita Terkini