-->
    |

Ketua BEM UI Terpilih: Perjuangan Kami Berlandaskan Kepentingan Rakyat

Faktanews.id - Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) terpilih, Leon Alvinda Putra berbicara politik perjuangan. Dia berjanji akan menjadikan BEM UI sebagai organisasi mahasiswa yang adaptif dan independen.

Terkait narasi politik praktis versus politik negara serta kaitannya dengan BEM UI periode 2021,  Leon mengatakan BEM UI tetap akan berpolitik. Namun, politik yang dimaksud Leon adalah politik yang sesuai aturan dengan standar moralitas.

“Kalau dari kami memang sebenarnya BEM  UI sebagai organisasi mahasiswa itu punya istilahnya rambu-rambu yang harus dihormati, peraturan-peraturan yang harus dihormati,” ujar Leon saat dihubungi, Selasa (12/1/2021).

BEM UI, Leon menegaskan, tetap akan mengawal isu-isu kebangsaan, yang susuai visi-misi BEM UI, yaitu adaptif yang bermanfaat bagi UI dan Indonesia pada umumnya. Dengan kata lain, lanjut dia, BEM UI tidak akan menjalankan politik praktis.

“Bahwa ada isu-isu yang kami kawal, yang kami berikan kritik itu adalah isu-isu yang berlandaskan kepentingan rakyat banyak, bukan kepentingan golongan tertentu, yang istilahnya di situ ada kepentingan politik praktisnya. Tapi kami BEM UI berjuang berlandaskan kepentingan rakyat yang sesuai moral, dari situ harapannya bisa memberikan kebermafaatan yang nyata terkait visi kami, UI dan Indonesia.” tegasnya.

Leon menambahkan, pihaknya akan menolak segala bentuk intervensi dari pihak manapun ketika BEM UI mengawal dan mengadvokasi kebijakan negara yang tidak memihak kepada rakyat. Dia dan jajaran pengurusnya akan menjunjung tinggi BEM UI sebagai organsiasi yang independen dan menerapkan moralitas.

”Jadi ini juga bisa disampaikan bahwa BEM UI sebagai organsiasi mahasiswa itu independen tapi independen ini berbeda dengan netral. Artinya kami independen tanpa ada intervensi dari kepentigan-kepentingan politik praktis tertentu,” tambahnya.

Lebih lanjut, Leon mengatakan BEM UI akan melakukan kajian mendalam setiap pemerintah mengeluarkan kebijakan.

”Tapi kami akan berpihak pada kepentinga rakyat yang telah dipelajari, dikaji sesuai keilmuan yang mahasiswa miliki. Itu ada prinsip dan komitmen BEM UI sebagai organisasi mahasiswa,” katanya. (HMZ)

Komentar Anda

Berita Terkini