-->
    |

Jokowi Jadi Orang Pertama Penerima Vaksin, LaNyalla: Teladan yang Baik

Faktanews.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan dirinya yang akan menjadi penerima vaksin virus Corona (COVID-19) pertama di Indonesia. Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti memberi apresiasi atas sikap Jokowi itu.

“Keputusan Presiden Jokowi untuk menjadi orang pertama di Indonesia yang menerima vaksin Corona harus diapresiasi. Ini menunjukkan keteladanan yang baik sebagai seorang pemimpin," ujar LaNyalla di Padang, Sumatera Barat (18/12/2020).

Baca Juga

Fahira: Vaksin Gratis Kebijakan Tepat Jika Ingin Pandemi Bisa Dikendalikan Cepat

Panglima TNI: TNI Ikut Aktif Siapkan SDM Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

Bamsoet: Jangan Beri Ruang Spekulasi Jual-Beli Vaksin Corona

Dengan menjadi penerima pertama, Presiden Jokowi ingin meyakinkan masyarakat bahwa vaksin Corona aman digunakan. LaNyalla juga menyebut keputusan tersebut sebagai jawaban atas tantangan sejumlah pihak.

"Presiden Jokowi sudah menjawab langsung tantangan beberapa pihak yang memintanya menjadi penerima vaksin Corona pertama. Saya secara pribadi mengacungkan jempol atas langkah presiden," tutur senator asal Dapil Jawa Timur itu.

LaNyalla juga memuji kebijakan Presiden Jokowi yang akan memberikan vaksin Corona kepada masyarakat secara gratis. Awalnya, vaksin Corona sempat dibagi menjadi vaksin gratis dan vaksin mandiri.

Baca Juga

Minim Sarana dan Prokes, Dokter di Sulteng Tolak Tangani Pasien Corona, LaNyalla: Segera Perbaiki

Wakil Ketua DPD Nono Sampono Ingatkan Potensi Bisnis Syariah

"Hal ini menandakan pemerintahan Presiden Jokowi serius membangun ketahanan sektor kesehatan. Sebab seluruh rakyat Indonesia berhak mendapat jaminan kesehatan dari pemerintah," ucap LaNyalla.

LaNyalla pun mengingatkan kepada Pemerintah Daerah untuk segera memprioritaskan program vaksinasi Corona di tahun anggaran 2021 seperti arahan Presiden Jokowi. Program vaksinasi diharapkan berjalan dengan lancar di seluruh Indonesia.

"Selain re-alokasi anggaran, perlu disiapkan secara seksama bagaimana teknis distribusi pemberian vaksin ini. Termasuk juga harus disiapkan tempat penyimpanan stok vaksin yang proper sehingga kualitasnya terjaga,” kata LaNyalla.

Mantan Ketum PSSI ini pun mengajak anggota DPD RI periode 2019-2024 untuk ikut memantau program vaksinasi di daerah masing-masing. LaNyalla menegaskan, vaksin harus diberikan kepada seluruh warga yang berhak menerimanya.

"Jangan sampai ada yang tertinggal. Sudah menjadi tugas pemerintah memberikan layanan terbaik untuk warganya," tegasnya.

"Saya harapkan senator ikut mengawasi program vaksinasi di dapilnya masing-masing agar berjalan secara tepat," imbuh LaNyalla.

Saat ini sudah ada 1,2 juta vaksin Corona dari Sinovac yang sudah tiba di Indonesia dan tengah menunggu izin edar dari BPOM. Pasokan vaksin Corona berikutnya akan datang menyusul. (MMA)

Komentar Anda

Berita Terkini