-->
    |

Pengamat Apresiasi Metode Penanganan Konflik Kapolres Bima AKBP Gunawan Trihatmoyo

Faktanews.id - Kapolres Bima, AKBP Gunawan Trihatmoyo cukup sigap mengantisipasi potensi konflik antar kampung di Nusa Tenggara Barat (NTB). Dia mencoba mendekati dua kolompok yang ada di desa Waro dan Tangga Baru. Bersama jajarannya Gunawan rela makan dan tidur di tenda. Dia bekerja siang dan malam, menggalang solidaritas, untuk meredam potensi konflik antar kolompok desa.

Pengamat politik Universitas Kristen Indonesia (UKI) Sidratahta Mukhtar menilai, langkah Kapolres Gunawan dalam meredam konflik antar kolompok desa di Bima itu penting sebagai metode penanganan konflik dalam masyarakat yang kerap terbelah karena beragam kondisi.

"Sebagaimana diketahui, masyarakat Bima adalah suku bangsa yang religius, mengalami beberapa ratus tahun penerapan syariah Islam dimasa Kesultanan hingga daerah Bima bergabung ke NKRI awal tahun 1940-an," ujar Sidra kepada wartawan, Senin (3/8/2020).

Menurut Sidra, pernah ada salah seorang mahasiswa S3 PTIK asal Bima, Dr. Ikhwanuddin meneliti tentang budaya kekerasan dan pendekatan penanganannya. Dalam penelitiannya itu, menurut Sidra, Ikhwanuddin berkesimpulan, potret budaya Bima sangat inklusif, mudah menerima budaya luar dan ada semangat maskulin dalam tradisi masyarakat khususnya dikalangan anak muda.

"Disini letak baiknya pendekatan Kapolres Bima yang rela tidur ditenda demi menjaga Bima tetap aman dan bebas konflik. Padahal bisa saja dia langsung perintahkan personilnya untuk bertindak dengan hard approach, cara-cara represif," katanya.

Sidra mengapresiasi langkah dan metode Kapolres Gunawan dalam mencegah konflik horizontal, meskipun Kapolres sendiri belum mengerti kondisi sosial budaya dan keislaman masyarakat Bima yang inklusif.

"Apa yang ia lakukan menurut saya sebuah keteladanan agar setiap muncul konflik dapat cepat diatasi, sebelum konflik menjadi budaya baru masyarakat khususnya pasca panen dan saat kontestasi politik Pilkada dimulai," katanya.

Menurut Sidra, pada dasarnya perkerjaan rumah (PR) yang perlu terus dikembangkan dalam reformasi Polri adalah tentang reformasi budaya agar Polri benar-benar sebagai bagian dari sipil, civil in uniform, agar pengedepankan pelayanan publik, keteladanan dan berorientasi pemecahan masalah.

"Atu meminjam konsep Mendagri M.Tito Karnavian sebagai smart approach," katanya.

Untuk diketahui, konflik kolompok dari desa Waro dan Tangga Baru pecah pada Sabtu (1/8/2020). Konflik ini dipicu pembunuhan yang dilakukan salah seorang warga desa Tangga Baru bernama Suryadin. Korbannya bernama Candra Irawan dari Desa Waro. Dan tersangka Suryadin sudah ditangkap. Rumah pelaku juga sudah dibakar oleh warga.

Kapolres Bima AKBP Gunawan Trihatmoyo memastikan situasi wilayahnya sudah kondusif. Namun dia bersama Dandim Bima tetap berjaga-jaga untuk mencegah konflik antar kolompok desa tersebut pecah kembali.  (ANS)


Komentar Anda

Berita Terkini