-->
    |

Ketua DPR Puan Maharani Kenakan Tekuluk, Ketua BMKJ Jakarta Berikan Apresiasi

Faktanews.id - Ada pemandangan menarik dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 hari ini (17/8/20). Saat hadir di Istana Merdeka, Jakarta, Ketua DPR RI Puan Maharani terlihat mengenakan Tekuluk Bai Bai pakaian adat dari Jambi.

Dalam busana adat Jambi yang ia kenakan tersebut, Puan memilih perpaduan warna merah, hitam, dan emas. Penampilan Putri mantan Presiden Megawati Soekarnoputri tersebut sontak mengundang perhatian warganet.

"Kami sngat mengapresiasi pilihan Puan mengenakan pakaian adat Jambi dalam acara sakral kenegaraan seperti saat ini. Karena apa yang dilakukan oleh cucu dari pendiri bangsa Bung Karno tersebut telah mengangkat nama Jambi di mata nasional," ujar Ketua Badan Musyawarh Keluarga Jambi (BMKJ) Jakarta, Muslimin Tanja, Senin (17/8/2020).

"Kami sebagai warga Jambi tentu sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas perkenan Mbak Puan memakai pakaian adat Jambi," katanya.

Menurut Muslimin, Tekuluk merupakan salah satu warisan tradisi kebudayaan sekaligus bukti sejarah Bangsa Melayu di Jambi. Tekuluk yang berfungsi sebagai penutup kepala bagi kaum wanita ini merupakan pakaian tradisional yang dulu dikenakan dalam keseharian seprti mengurus rumah, ke ladang, kenduri, acara keluarga, dan lain sebagainya.

Dia menambahkan, .emang setiap wilayah di Jambi memiliki model Tekuluk yang berbeda. Dan setiap model Tekuluk juga memiliki makna filosofis dan ada nilai tersendiri.

"Sebenarnya banyak hal dari Jambi seperti khasanah kebudayaan, adat istiadat dan potensi alam serta wisata yang layak diketahui orang luar Jambi. Kami berharap potensi Jambi ini bisa diangkat dan dilihat oleh publik luas hingga manca negara," katanya. (MMA)



Komentar Anda

Berita Terkini