-->
    |

BMKJ wadah Silaturrahmi Warga Jambi di Jakarta dan Sekitarnya

Faktanews.id - Sebagai organisasi paguyuban di perantauan, BMKJ Jakarta merupakan wadah bagi warga Jambi yang saat ini berdomisili di Jakarta dan sekitarnya. Hal ini disampaikan Muslimin Tanja, Ketua Badan Musyawarah Keluarga Jambi (BMKJ) Jakarta saat Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus BMKJ Jakarta Periode 2020 – 2024, di Gedung Binakarna Auditorium, Hotel Bidakara, Jakarta, pada Sabtu (15/8/20).

Muslimin mengatakan, mealui kepenhurusan yang baru terbentuk BMKJ Jakarta  nantinya akan berupaya sekuat tenaga mempererat silaturrahmi antar warga Jambi di Jakarta dan sekitarnya, yakni Bogor, Depok, Bekasi. Dan Tangerang.  Selain itu, BMKJ Jakarta periode 2020 – 2024 juga akan berupaya membangkitkan dan meningkatkan solidaritas dan kepedulian sesama dan meningkatkan persatuan warga Jambi di Jakarta.

“Kita berupaya tetap menghidupkan kebudayaan daerah dan adat ke-Jambi-an yang menjunjung tinggi persamaan, keterbukaan, egaliter, memegang teguh agama dan saling menghormati,” ujar Muslimin.

BMKJ Jakarta ke depan kata dia, tentu juga ingin mengambil peran penting dalam kemajuan Provinsi Jambi sebagai kampung halaman keluarga besar BMKJ Jakarta. Memberikan sumbangan pemikiran dan gagasan serta bantuan lainnya yang dianggap mampu dilakukan dan berguna bagi kemajuan Provinsi Jambi.

“Kami sudah berketetapan hati, bahwa BMKJ Jakarta harus pula hadir sebagai mitra kritis kolaboratif Pemerintah Provinsi Jambi,” ujar eks Direktur Charta Politika itu.

“Sebagai organisasi masyarakat di perantauan, tentu BMKJ juga berkeinginan untuk ikut andil serta memberikan dukungan penuh dalam pembangunan Provinsi DKI Jakarta sebagai tempat di mana keluarga besar BMKJ tinggal saat ini. BMKJ Jakarta bersama-sama dengan BMKJ Nasional musti menjadi penghubung antara provinsi Jambi dengan DKI Jakarta dan kita musti memaksimalkan siginifikansi peran dalam membangun daerah yang kita pijaki saat ini,” sambung Muslimin.

Disampaikan Muslimin, warga Jambi yang saat ini berada di Jakarta dan sekitarnya, jumlahnya ribuan bahkan mungkin puluhan ribu. Tidak sedikit tokoh-tokoh Jambi di perantauan yang telah memberikan sumbangsih bahkan pada level nasional, menduduki posisi penting di berbagi sektor, baik jabatan di pemerintah, birokrat, cendikiawan, pengusaha, dan lain sebagainya.

“Gambaran ini penting agar kita dapat menyatukan sumberdaya dan porensi yang ada, demi kemajuan bersama, sekaligus mengatasi persoalan yang mungkin timbul di kemudian hari terkait warga BMKJ,” katanya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, dalam sambutannya berpesan agar warga Jambi bisa bersama-sama dengan warga lainnya menjaga kehidupan yang kondusif, sehat, tertib dan harmoni di Jakarta.

“Apalagi, dalam kondisi yang masih diselimuti oleh pandemi Covid-19 ini. Tentu memerlukan hadirnya solidartas untuk membantu sesama,” kata Riza.
Pada kesempatan itu, Riza Patria juga mengucapkan selamat kepada Pengurus BMKJ Jakarta periode 2020 – 2024 yang dilantik.

“Pada akhirnya saya mengucapkan selamat kepada para pengurus atas Pengukuhan Pengurus BMKJ Jakarta periode 2020 – 2024. Semoga Pengurus yang baru bisa berkontribusi bagi Provinsi Jambi dan masyarakat Jambi,” kata Riza

Ke depan, Riza berharap, BMKJ bisa meningkatkan kontribusinya, berkolaborasi dengan Pemda DKI Jakarta dan semua warga Jakarta.

“Sekali lagi selamat buat Pengurus BMKJ,” ujar Riza.
Acara pelantikan Pengurus BMKJ Jakarta Periode 2020 – 2024 ini mengangkat tema “Meningkatkan Solidaritas, Kepedulian dan Persatuan Masyarakat Jambi-Jakarta”. Turut hadir dalam acara ini H Bakri, Ormas Kedaerahan, Tokoh Jambi di Jakarta, serta masyarakat Jambi.

Acara pelantikan ini rencananya akan diselenggarakan sekitar Maret 2020 lalu. Namun karena covid-19, akhirnya disepakati bertepatan jelang 17 Agustus, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang berlaku. Namun pemilihan waktu pelantikan menjelan perayaan Hari Kemerdekaan RI ini juga memiliki makna tersendiri bagi Muslimin Tanja selaku Ketua BMKJ Jakrta periode 2020 - 2024.

“Harapannya, selain kita mengambil makna dari musibah global pandemi, tapi juga semacam membatinkan kembali spirit proklamasi. Mudah-mudahan badai corona segera berlalu, lalu kita menggapai kemerdekaan sejati,” ujar Muslimin. (FIK)


Komentar Anda

Berita Terkini