-->
    |

Polri Diminta Petakan Jaringan Kolompok Kejahatan Di Tengah Penerapan PSBB

Faktanews.id - Aksi kriminalitas kian menakutkan masyarakat di tengah penerapan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) karena wabah virus corona. Betapa tidak, sekolompok orang memanfaatkan situasi sepi untuk melancarkan aksi begal dan pencurian motor di sejumlah tempat.

Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pihak kepolisian memetakan jaringan kelompok kejahatan, seperti pencurian dengan kekerasan serta pencurian dengan pemberatan di setiap wilayah, khususnya di wilayah yang menerapkan kebijakan PSBB dengan melakukan patroli secara rutin agar dapat mencegah dan meminimalisir tingkat kejahatan juga untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat. 

"Mendorong aparat Kepolisian terus melakukan langkah-langkah pencegahan dan penyelidikan kriminalitas serta melakukan tindakan tegas terukur terhadap para pelaku kejahatan yang memanfaatkan momen situasi pandemi Covid-19 ini," ujar Bamsoet -- panggilan akrab Bambang Soesatyo di Jakarta, Senin (20/4/2020).

Masyarakat harus waspada dan Polri tidak boleh kecolongan di tengah kerja keras pemerintah mencegah penyebaran covid-19 ini.

"Mendorong aparat Kepolisian dapat melaksanakan tugas pengamanan dengan baik, disamping polisi juga ditugaskan untuk membantu percepatan penanganan dampak Covid 19, mengingat meningkatnya tindak kejahatan pencurian, perampokan, serta pembegalan yang menimbulkan keresahan di masyarakat," katanya.

Bamsoet menambahkan masyarakat juga harus berpartisipasi dan membantu aparat kepolisian untuk mencegah aksi kriminal. Polri tidak bisa bekerja sendirian.

"Mendorong masyarakat untuk dapat berpartisipasi aktif membantu kepolisian dengan melaporkan jika ada kejahatan ke setiap layanan pengaduan  masyarakat serta tetap disiplin berada di rumah dan mematuhi kebijakan pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 meluas," tukas Bamsoet. (RF)


Komentar Anda

Berita Terkini