-->
    |

Ayo Berpartisipasi untuk Berbagi Catatan dan Perkuat Kebijakan

Faktanews.id - Pandemik Coronavirus Disease atau COVID-19 mendorong terjadinya krisis global, termasuk melanda Indonesia. Saat krisis ini terjadi di tanah air, banyak data maupun informasi yang menarik berbagai pihak untuk memahami dan mengkaji sebagai pengetahuan baru maupun pembelajaran penanganan bencana dengan kategori nonalam ini.

Pemerintah Indonesia menyadari bahwa upaya optimal untuk menangani pandemik ini tidak bisa dengan menjadi pelaku tunggal, melainkan perlu merangkul berbagai sektor dan bekerja sama dengan beragam aktor untuk mendapatkan berbagai masukan konstruktif yang dibutuhkan.

Di tengah situasi yang menuntut dilakukannya sebagian besar aktivitas kita di dalam rumah masing-masing, inisiatif untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam format diskusi ruang digital atau online  yang kian hari menjadi masif. Banyaknya diskusi webinar, kulwap, video conference, online meeting, dan lain sebagainya yang membahas COVID-19 dari berbagai aspek.

Ini menunjukkan minat dan perhatian besar dari berbagai elemen masyarakat untuk turut berperan serta dan berpartisipasi aktif dalam memberikan suara dan saran dalam penanganan pandemik yang sedang dilakukan pemerintah.

Berangkat dari hal tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memohon kesediaan dan kerja sama Bapak/Ibu/Saudara yang tergabung dalam salah satu organisasi sosial masyarakat, organisasi internasional, lembaga usaha, media, perguruan tinggi, lembaga penelitian, bahkan institusi pemerintah pusat dan daerah, untuk berbagi hasil (knowledge sharing) dari diskusi melalui ruang digital yang telah diselenggrakan oleh institusi Anda.

Knowledge sharing tersebut akan menjadi bagian dari knowledge asset management kami dan berfungsi sebagai materi refleksi, penggalian praktik baik, dan proses pembelajaran untuk percepatan penanganan COVID-19.

Pengumpulan hasil diskusi ini juga dapat menjadi salah satu bahan analisis bagi tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 untuk menentukan strategi yang lebih baik dan menyusun kebijakan yang lebih kuat bagi Indonesia.

Kami berharap hasil diskusi tersebut dapat disampaikan melalui salah satu saluran berikut:

1. Mengisi formulir di bawah ini dan mengirimkan ke alamat email pembelajaran.covid19@bnpb.go.id dengan subyek [BERBAGI CATATAN]_[Judul Diskusi Daring] atau [NOTES SHARING]_[Title of Online Discussion].

2. Mengisi formulir secara online pada tautan berikut: bit.ly/BerbagiCatatan

Kami akan sangat menghargai apabila lembaga penyelenggara juga dapat melampirkan bahan paparan atau dokumen terkait yang dibahas dalam diskusi tersebut. Partisipasi Bapak/Ibu/Saudara dalam berbagi catatan ini kepada pemerintah melalui jalur yang telah kami sediakan tersebut, akan turut memperkuat proses pengambilan kebijakan di Indonesia yang berasal dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat. Silakan unduh dokumen pada tautan link ini.
Komentar Anda

Berita Terkini