-->
    |

Antisipasi Wabah Corona, Ini Empat Poin Himbauan KCI Terhadap Pengguna KRL

Faktanews.id - PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) sudah melakukan sejuah cada mengantisipasi penyaran virus corona atau covid - 19.

"Sejak 3 Februari 2020, PT KCI telah melakukan berbagai upaya edukasi untuk mencegah penyebaran virus corona. Hingga saat ini KCI telah memberikan edukasi cuci tangan yang benar, dan membagikan masker  kepada pengguna di 36 stasiun," ujar VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba melalui keterangan tertulisnya, Kamis (12/3/2020).

Menurut Anne, sebagai pelayanan transportasi publik KCI sudah menyediakan lebih dari 700 botol hand sanitizer untuk 88 rangkaian kereta dan 80 stasiun. KCI juga rutin membersihkan seluruh rangkaian kereta seusai beroperasi dengan menggunakan cairan pembersih yang mengandung disinfektan. Kemudian, Anne menyebut pihaknya sudah menugaskan On Trip Cleaning yang membersihkan rangkaian kereta saat sedang beroperasi melayani pengguna.

"Materi edukasi dan himbauan di 88 rangkaian kereta dan 80 stasiun, .enyiapkan pos kesehatan di 30 stasiun KRL yang dapat memberikan pertolongan pertama jika pengguna mengalami masalah kesehatan. Di pos ini, pengguna juga dapat mengukur suhu tubuh, mendapatkan masker, hingga obat-obatan. Bila tidak dapat ditangani, petugas kesehatan akan merujuk pengguna ke rumah sakit terdekat," katanya.

Anne menambahkan, pihaknya juga mewajibkan pegawai frontliner yang berinteraksi langsung dengan pelanggan untuk cek kesehatan termasuk suhu tubuh sebelum berdinas. Tidak sampai disitu KCI juga terus melakukan upaya sosialisasi dan antisipasi.

"Pekan lalu, bekerja sama dengan PT KAI Daop 1 Jakarta telah mengadakan kegiatan rail clinic di Stasiun Depok dan Bogor. Dalam kegiatan ini KAI mengerahkan kereta Rail Clinic yang melayani pengobatan gratis dan cek kesehatan bagi penumpang, serta memberikan edukasi mengenai kebersihan dan gaya hidup sehat untuk menangkal virus corona.  Dalam waktu dekat, kereta Rail Clinic juga akan hadir kembali di lintas Bogor - Depok untuk memberi edukasi dan layanan kesehatan," pungkasnya.

Dan pada Kamis 12 Maret 2020 ini, Anne menyampaiakan, tim kesehatan bersama jajaran pegawai KCI juga akan melakukan roadshow sosialisasi lanjutan ke sejumlah stasiun untuk melanjutkan upaya edukasi, membagikan masker, dan menjelaskan upaya-upaya pencegahan penyebaran virus yang dapat diikuti pengguna.

"Petugas juga akan melakukan random check suhu tubuh pengguna di stasiun-stasiun," katanya.

Anne kemudian memberikan empat poin himbauan kepada pengguna KRL. Berikut empat poin himbauan KCI selengkapnya.

Pertama, KCI mengimbau pengguna KRL tidak meludah sembarangan di Stasiun maupun Kereta.

Kedua, pengguna KRL menggunakan masker saat sedang sakit, batuk, pilek, maupun dalam masa penyembuhan.

Ketiga, pengguna KRL menjaga kebersihan, antara lain mencuci tangan dengan benar.

Keempat, pengguna KRL emeriksakan diri ke pos kesehatan bila merasa kurang sehat. (RF)

Komentar Anda

Berita Terkini