-->
    |

Puan Pastikan Satu Komisi DPR Hanya Bermitra Dengan Satu Kementerian

Faktanews.id - DPR periode 2019 - 2024 di bawah kepemimpinan Puan Maharani berhasil menyederhanakan hubungan antara kementerian dengan komisi komisi di DPR.  Bila pada periode sebelumnya ada satu kementerian yang bermitra dengan lebih dari satu  komisi,  pada masa kepemimpinan Puan Maharani dipastikan satu kementerian hanya bermitra dengan satu  komisi di DPR RI. 

"Alhamdulillah,  kami berhasil menyusun satu kementerian bermitra dengan satu komisi sehingga nantinya komisi lebih fokus melakukan pengawasan terhadap kinerja kementerian," ujar Puan, Selasa (29/10/2019).

Pada periode kali ini,  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hanya dibahas di komisi IV. 

"Semula dibahas di Komisi IV & Komisi VII, sehingga sering lempar tanggung jawab,  butuh energi dan waktu untuk koordinasi," katanya.

Puan mengharapkan dengan setiap komisi bermitra dengan satu kementerian bisa membuat DPR memaksimalkan fungsi pengawasannya.

Kesepakatan satu komisi bermitra dengan satu kementerian tercapai dalam Rapat Konsultasi DPR Pengganti Bamus yang  dihadiri pimpinan DPR dan seluruh pimpinan fraksi, Senin (28/10).

Kesepakatan ini akan disahkan dalam Rapat Paripurna Ke IV DPR RI Selasa (29/10). Rapat Paripurna sekaligus akan mengesahkan 11 Komisi DPR RI beserta ruang lingkup dan tugasnya. (RF)
Komentar Anda

Berita Terkini