|

Bamsoet Terpilih Sebagai Ketua MPR

Faktanews.id - Bambang Soesatyo akhirnya terpilih secara aklamasi sebagai Ketua MPR. Politisi Golkar ini menduduki kursi Ketua MPR melalui sidang paripurna MPR secara musyawarah mufakat bersama 9 pimpinan MPR RI.

Pengesahan ketua dan pimpinan MPR RI dilakukan dalam sidang paripurna di gedung kura-kura, Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019)

Sebelum agenda pemilihan ketua MPR RI, Ketua MPR sementara Abdul Wahab Dalimunthe dan Wakil Ketua MPR sementara Hillary Brigitta Lasut, mensahkan 10 pimpinan MPR dari 9 Fraksi DPR dan satu pimpinan dari kelompok DPD secara musyawarah dan mufakat.

“Alhamdulillah bisa disahkan secara musyawarah dan mufakat sebagai ciri khas demokrasi kita telah sepakat usulan nama-nama pimpinan MPR RI periode 2019-2024,” ucap Abdul Wahab
Berikut Nama-nama Pimpina MPR RI periode 2019-2024:

PDIP: Ahmad Basarah

Golkar: Bambang Soesatyo

Gerindra: Ahmad Muzani

NasDem: Lestari Moerdijat

PKB: Jazilul Fawaid

Demokrat: Syarief Hasan

PKS: Hidayat Nur Wahid

PAN: Zulkifli Hasan

PPP: Arsul Sani

DPD: Fadel Muhammad

Selanjutnya pimpinan sidang melanjutkan sidang agenda pemilihan ketua MPR.Interupsi-interupsi mewarnai proses mekanisme pemilihan.

Diantaranya, Ketua Fraksi DPR dari PDIP Ahmad Basarah meminta agar sidang paripurna diskors untuk proses musyawarah mufakat. Menurutnya, 8 fraksi dan kelompok DPD sudah sepakat mengusung Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR.

“Saya kira menunggu hanya satu jam untuk sempurnanya demokrasi Pancasila demi musyawarah mufakat adalah ongkos tidak mahal.Dan Ketua Fraksi Gerindra setuju memilih secara aklamasi musyawarah mufakat setelah saya konfirmasi sebelum ke paripurna,” ujar Ahmad Basarah dalam sidang itu.

Namun setelah sidang diskor selama setengah jam seluruh fraksi dan kelompok DPD menyetujui proses pemilihan secara musyawarah dan mufakat menunjuk secara aklamasi, Bambang Soesatyo sebagai Pimpinan MPR RI periode 2019-2024. (FAK)

Komentar Anda

Berita Terkini