-->
    |

Mabes Polri Bilang Kondisi Udara Riau Cenderung Aman

Faktanews.id - Kadiv Humas Polri Irjen Pol M. Iqbal menjelaskan, kondisi udara di Pekanbaru, Riau cenderung bersih. Hal ini tentu bertolak belakang dengan informasi yang beredar, yang menyebut kualitas udara Riau buruk.

Klaim Iqbal tersebut diperolehnya usai mendampingi Kapolri Tito Karnavian meninjau langsung ke Riau, beberapa waktu lalu. Menurutnya, kondisi langit di Riau pada siang hari masih bagus.

“Setelah pukul 11.00 WIB semua clear, langit biru nampak, artinya tidak seutuhnya benar apa yang disampaikan media,” ujar Iqbal di Mabes Polri, Jumat (20/9).

Iqbal menerangkan masyarakat setempat juga dapat melaksanakan aktivitas seperti biasanya. Oleh karena itu ia berpendapat kondisi di Pekanbaru, Riau dan sekitarnya tidak bisa dianggap sebagai kondisi darurat.

“Seluruh masyarakat beraktivitas seperti biasa, ya, yang sekolah, yang beribadah, berekonomi. Bahkan sampai malam masyarakat keluar, di taman-taman ramai,” terangnya.

Kendati dinilai masih dalam keadaan normal, namun kata Iqbal, tim Satgas Gabungan TNI Polri terus bekerja untuk menuntaskan peristiwa kebakaran hutan dan lahan di Riau. Sehingga diharapkan titik-titik api dapat dipadamkan sebelum mencemari udara secara masif.

“Satgas TNI Polri terus bekerja melakukan upaya-upaya pemadaman sejak awal dan sampai saat ini, dari top manajer tingkat Kapolres, Dandim sampai pelaksana banyak yang bermalam di lokasi-lokasi hot spot ya, kita memaksimalkan kinerja itu,” paparnya.

Sebelumnya, Menkopolhukam Wirant mengklaim, bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah Indonesia tak separah yang diberitakan media massa. Selama di Riau, Wiranto mengaku masih bisa beraktivitas normal meskipun ada asap akibat karhutla.

“Realitas yang dikabarkan dengan realitas yang ada itu sangat berbeda. Ternyata kemarin waktu kami di Riau, tidak separah yang diberitakan,” ujar Wiranto, Rabu (18/9). Tri
Komentar Anda

Berita Terkini