|

Catatan Penting Jarkam Terhadap 10 Nama Capim KPK Yang Sudah Diserahkan ke Jokowi

Faktanews.id - Presiden Jokowi sudah menerima 10 nama calon pimpinan KPK dari Pansel. Selanjutnya Jokowi akan mengirimkan 10 mama Capim KPK tersebut ke Komisi III DPR RI untuk uji kelayakan dan kepatutan atau test and proper test.

Menanggapi hal itu, Jaringan Kaum Muda (Jarkam) memberikan beberapa catatan penting terhadap Capim KPK yang sudah diserahkan Pansel kepada Jokowi tersebut. Hal ini diawali karena adanya polemik di tengah-tengah masyarakat. Catatan penting dari Jarkam ini disampaikan saat konfrensi pers di Restoran Handayani, Matraman, Jakarta Timur, Jumat (6/9/2019).

Perwakilan Jarkam, Chrisman Damanik, memnerikan apresiasi kepada Pansel kPK yang sudah bekerja keras dalam menjalankan tugasnya menyeleksi putri-putri terbaik bangsa untuk memimpin KPK sesuai peraturan perundan-undangan.

"Kami meminta agar masyarakat Indonesia menghormati dan menghargai hasi kerja pansel capim KPK yang telah menghasilkan 10 nama calon pimpinan KPK yang mana telah doserahkan secara resmi kepada Presiden," ujar Chrisman.

Menurut Chrisman, Pansel KPK harus dihormati karena sudah capim KPK yang lulus seleksi dan sudah diserahkan ke Jokowi sudah melalui sejumlah tahapan. Apa yang sudah dilakukan Pansel harus dihargai dan dinilai secara objektif.

Selain itu, Chrisman, menambahkan pihaknya meminta Presiden dan DPR RI untuk tetap fokus dan konsisten dalam penentuan keputusan-keputusan terkait capim KPK serta tidak terpengaruh upaya-upaya pihak-plhak yang tidak memillki hak dan kewenangan terkait pemillhan pimpinan KPK tersebut.
"Kami mendukung penuh Presiden dan DPR RI dalam menuntaskan proses pemilihan sampai kepada keputusan hasil pimpinan KPK," tambah dia.

Chrisman menyampaikan pihaknya berharap tidak ada pihak yang menekan Jokowi dan DPR dalam penentuan pimpinan KPK, sehingga nantinya dihasilkan pimpinan KPK yang memiliki komitmen dalam hal pemberantasan korupsi.

"Kami meminta pimpinan KPK nantinya fokus pada upaya-upaya pemberantasan tindak pidana korupsi di Indonesia," tandas dia.

Menurut Chrisman, Jokowi dan DPR pasti objektif memilih pimpinan KPK. Dan Jarkam, kata Chrisman, siap menjadi mitra kritis dan strategis dalam pemberantasan tindak pidana korupsi di Indonesia.

Berikut 10 nama Capim KPK periode 2019-2024 yang sudah diserahkan Pansel ke Jokowi tersebut:

1. Alexander Marwata, Komisioner KPK
2. Firli Bahuri, Anggota Polri
3. I Nyoman Wara, Auditor BPK
4. Johanis Tanak, Jaksa
5. Lili Pintauli Siregar, Advokat
6. Luthfi Jayadi Kurniawan, Dosen
7. Nawawi Pomolango, Hakim
8. Nurul Ghufron, Dosen
9. Roby Arya B, PNS Sekretariat Kabinet
10. Sigit Danang Joyo, PNS Kementerian Keuangan

Untuk diketahui, hadir pada kesempatan konfrensi pers adalah Chrisman Damanik, MulyadIP.Tamsir, Sahat Martin Philip Sinurat, Beni Pramula, Nizar Ahmad Saputra, Munawar Khalil dan Karman BM. (RF)
Komentar Anda

Berita Terkini