|

Ketua DPR Minta PLN Mendata Masyarakat Yang Alami Kerugian Akibat Pemadaman Massal

Faktanews.id - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo angkat bicara terkait pamadaman massal listrik di sejumlah daerah. Pemadaman listrik massal dikeluhkan masyarakat luas karena mereka merasa dirugikan.

Bamsoet mendorong PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk terus melakukan monitoring dan melakukan proses recovery secara komprehensif dari pusat pengendali beban sistem Jawa-Bali, baik di pusat maupun unit, serta terus menginformasikan berita terupdate kepada masyarakat, baik melalui media cetak, siber, maupun siaran

"Mendorong PT. PLN untuk melakukan evaluasi dan meningkatkan pengawasan terhadap seluruh sistem transmisi dan distribusi yang ada di seluruh wilayah Indonesia sehingga ke depannya dapat dilakukan upaya preventif yang dapat mengantisipasi pemadaman listrik, mengingat padamnya listrik dapat merugikan aktivitas perindustrian dan sejumlah aktivitas lainnya," ujar Bamsoet -- panggilan akrab Bambang Soesatyo, Senin (5/8/2018).

Lebih lanjut, Bamsoet juga mendorong PT. PLN untuk segera melakukan pendataan terhadap masyarakat yang mengalami kerugian, terutama bagi pelanggan nonsubsidi, agar dapat dilakukan kompensasi sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 27 tahun 2017 tentang Tentang Tingkat Mutu Pelayanan Dan Biaya Yang Terkait Dengan Penyaluran Tenaga Listrik Oleh Pt Perusahaan Listrik Negara (PERSERO).

"Mengimbau masyarakat untuk tetap melakukan antisipasi jika terjadi pemadaman kembali, seperti mempersiapkan lilin dan lampu cadangan, serta berhati-hati apabila akan menggunakan lilin agar tidak menyebabkan terjadinya kebakaran," katanya.

Diberitakan sebelumnya, pemadaman lsitrik massal terjadi pada Minggu (4/8/2019) kemarin. Wilayah yang terdampak pemadaman listrik diantaranya adalah wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Jawa Barat, dan Banten. Peristiwa pemadaman listrik massal ini melumpuhkan fasilitas umum, kegiatan masyarakat, dan rumah-rumah. (RF)
Komentar Anda

Berita Terkini