-->
    |

PWI Gelar Anugerah Jurnalistik Adinegoro Berhadiah Ratusan Juta

Faktanews.id- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggelar lomba karya jurnalistik. Ada hadiah Rp ratusan juta yang disediakan PWI pada acara bertema "Anugerah Jurnalitik Adinegoro 2019". Anugerah Jurnalistik Adinegoro adalah penghargaan tertinggi untuk karya jurnalistik di Indonesia. Acara ini digelar dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2020 mendatang.

Penghargaan ini dinamakan "Anugerah Jurnalislik Adinegoro karena khusus untuk karya-karya yang sudah dimuat, ditayangkan atau disiarkan sepanjang tahun 2019. Lomba ini terbuka untuk wartawan media cetak, televisi, radio, dan media Siber seluruh Indonesia.

Terkait katagori, PWI menyebut liputan berkedalaman untuk media cetak AA1 dan media siber AA2. Sementara liputan berkedalaman juga berlaku untuk media televisi AA3 dan liputan berkedalaman untuk Media Radio AA4.

Adapun karya foto jurnalistik untuk media Cmcetak dan media Siber (AA5) dan karya karikatur opini untuk media cetak dan media Siber (AA6).

Persyaratan lomba ini terbuka bagi wartawan yang bekerja secara aktif (bukan wartawan lepas) pada satu perusahaan pers cetak, televisi, radio, atau media siber.

Masing-masing kategori dalam Anugerah Adinegoro 2019 akan menentukan satu pemenang. Dan masing-masing pemenang akan mendapatkan hadiah uang Rp50.000.000 (Lima Puluh Juta Rupiah, potong pajak 10 persen), trofi Anugerah Adinegoro 2018, serta piagam penghargaan dari PW1/Panitia HPN 2020.

Terkait penyerarahan hadiah, pemenang Anugerah Adinegoro 2019 akan menerima penghargaan dalam acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2020. 

Adapun terkait kriteria karya yang dapat dilombakan adalah karya yang telah dipublikasikan, ditayangkan atau disiarkan di media cetak, media siber, media televisi, atau media radio, periode I Desember 2018-30 November 2019. Karya liputan berkedalaman baik media cetak, media siber, media televisi, maupun media radio tidak bersambung atau tidak berseri.

Sementara terkait syarat pengiriman karya setiap media dapat mengirimkan lebih dari satu karya, maksimal 15 karya dari setiap kategori. Karya liputan berkedalaman pada media cetak, media siber, media televisi, dan media radio wajib menyertakan link karya melalui Google Form atau Formulir pendaftaran yang bisa di scan melalui QR Code di bawah ini.

Karya foto jurnalistik dan karikatur jurnalistik di media cetak atau media siber, wajib mengirimkan dalam bentuk softfile beserta caption yang di-upload pada Google Form atau Formulir pendaftaran yang bisa di scan melalui QR Code di bawah ini.

Seluruh karya dari seluruh kategori wajib disertai sinopsis/cerita singkat (2-3 paragraf) mengenai isi dan proses pembuatannya. Khusus untuk karya televisi dan radio mohon disebutkan pula clockprogram bersama sinopsis.

Setiap peserta wajib mengisi formulir dengan menyertakan salinan identitas diri (kartu karyawan) dan surat pengantar dari redaksi.

Adapun batas pengiriman sudah bisa dikirim mulai 15 Agustus 2019 dan batas akhir pengiriman tanggal I Desember 2019 pada alamat Gedung Dewan Pers Lt. IV, Jln. Kebon Sirih No. 34 Jakarta 10110, Indonesia, Telp. : (021) 345 3131 - 386 2041, Fax : (021) 345 3175 Website : www.pwi.or.id E-mail : pwi.pusat@yahoo.com

PWI sudah menyediakan sejumlah juri untuk memberikan penilaian pada naskah yang dikirimkan oleh peserta. Para juri terdiri atas tokoh pers, pengamat, dan akademisi yang menguasai bidang jurnalistik sesuai kriteria penilaian dan bekerja secata profesional. Penjurian akan dilakukan pada pekan kedua Desember 2019 hingga pekan kedua Januari 2020. Pemberitahuan pemenang setelah para juri menetapkan pemenang. (Rf)
Komentar Anda

Berita Terkini