-->
    |

Panglima TNI Dan Kapolri Temui Korban Banjir di Sultra

(Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian saat menemui korban banjir di Sulawesi Utara)
Faktanews.id - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menemui korban banjir di Kabupaten Konawe, Sulawesi Utara. Di sana, Panglima TNI dan Kapolri berdialog dengan korban.

Panglima TNI mengatakan TNI dan Polri tidak akan tinggal diam melihat masyarakat yang terkana bencana alam. TNI dan Polri siap membantu korban.


"TNI dengan Polri akan selalu bersama masyarakat Kabupaten Konawe Utara termasuk kabupaten konawe Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam pemulihan pasca bencana alam yang melanda," ujar Panglima TNI, Sabtu (22/06/2019).

Di Bandara Haluoleo Kendari, sebelum berangkat ke lokasi bencana alam Konawe, Panglima TNI dan Kepala Polri mendapat penjelasan dari Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi mengenai upaya penanganan bencana banjir yang melanda Kabupaten Konawe Utara, Konawe, Kolaka Timur, Konawe Selatan dan Kota Kendari serta bencana sosial yang terjadi di Desa Sampuabalo dan Desa Gunung Jaya, Kecamatan Siontapina, Kabupaten Buton.

Dalam kegiatan ini Panglima TNI juga didampingi oleh Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto, Kepala Basarnas Marsdya Bagus Puruhito, Pangdam XIV/Hassanudin, Asops Panglima TNI, Aster Panglima TNI, Dankorbrimob Polri serta segenap Pejabat wilayah setempat

Lebih lanjut disampaikan oleh Panglima TNI agar seluruh tempat-tempat pengungsian serta sarana lainnya dipastikan layak dan nyaman digunakan masyarakat setempat.
"Efek dari bencana alam akibat banjir banyak sekali, oleh karena itu agar diperhatikan penyediaan air bersih agar masyarakat juga tidak terjangkit penyakit karena air kurang bersih termasuk dapur umum dan layanan kesehatan di konawe utara ini semoga bisa terdukung sesuai dengan rencana," tegas Panglima TNI.

Dalam kesempatan itu juga, Panglima TNI  mengungkapkan seluruh alat transportasi yang menjadi pendukung dalam pendistribusian logistik, pihak TNI bersama Polri dan Basarnas akan menyiapkan armada demi kelancaran dalam pendistribusiannya.

"Kami TNI, Polri bersama Basarnas juga siap mendukung walaupun saat ini aset-aset itu juga sudah tersebar diwilayah konawe dalam rangka mendukung bantuan kemanusiaan," pungkasnya.

Tampak kendaraan truk berisikan logistik untuk korban bencana banjir di kabupaten utara berupa kebutuhan pangan dan obat-obatan dari Panglima TNI dan Kapolri yang diserahkan secara simbolis kepada pemerintah daerah setempat untuk dibagikan kepada masyarakat yang terdampak bencana alam.

Diwaktu yang bersamaan, Panglima TNI, Kapolri bersama Ka.Basarnas dan rombongan langsung menuju ke Posko pengungsian serta meninjau jembatan asera yang menghubungkan trans sulawesi sebelum bertolak menuju makassar Sulawesi Selatan.

Disampng itu Bupati Konawe menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Panglima TNI "Alhamdulillah meski bencana melanda wilayah kami tetapi kebutuhan pangan sampai pada obat-obatan serta sandang dapat terpenuhi, terimakasih semua pihak yang telah membantu warga kami," ujarnya dengan mata berkaca-kaca. (RF)
Komentar Anda

Berita Terkini