|

Bara Hasibuan Prediksi PAN Merapat ke Jokowi

Faktanews.id - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Bara Hasibuan menyebut kemungkinan besar partainya bakal merapat ke koalisi Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Jika benar, maka semua anggota wajib menurutinya. Hal ini berlaku juga bagi Ketua Dewan Pertimbangan PAN, Amien Rais.

“Itu semua ada mekanisme konstitusionalnya. Kalau sudah diputuskan, maka semua harus mengikuti,” kata Bara saat acara diskusi di Jakarta, Senin (29/4).

Tak hanya kepada Amien Rais, hal ini berlaku juga bagi semua elite PAN. “Saya tegaskan, pemimpin utama itu adalah Ketua Umum (Zulkifli Hasan). Dimana-mana setiap umum yang menjalankan dan tanggungjawab adalah ketua umum. Termasuk yang menentukan kebijakan Amien Rais,” jelas Bara.

Ia menganggap, kalau partai ingin berkembang, PAN harus kuat secara institusional. PAN juga tak bergantung kepada salah satu orang figur seperti Amien Rais. Ia yakin, PAN bisa melepaskan ketergantungan berlebihan kepada saorang figur.

“Yang harus dilihat adalah kepentingan bersama dan institusi,” jelas Bara.
Bara mengakui, pengaruh Amien cukup besar di PAN. Namun, dia harus mengikuti aturan partai.

“Ia adalah tokoh sentral. Kita harus mempunyai ide-ide dasar, platform yang diperjuangkan. Tak ada personalisasi. Itulah yang harus dilakukan agar PAN di 2024 bisa mendapatkan suara yang lebih,” jelas Bara. (Fahri)
Komentar Anda

Berita Terkini