|

Tiga Satuan Latihan Penindakan Huru-Hara Terkait Pengamanan Pemilu

(TNI Latihan dan simulasi terkait pengamanan Pemilu)
FaktaNews.id - Tiga Satuan yakni Kodim 0104/Atim, Kodim 0117/Atam dan Yonif Raider Khusus 111/KB Brigif 25/Siwah melaksanakan latihan dan simulasi Penindakan Huru-Hara (PHH) terkait pengamanan Pemilu 2019.

Latihan di Lapangan Belakang Pendopo Kabupaten Aceh Tamiang, Minggu 10 Februari 2019, kemarin. Latihan ini dilakukan guna membantu tugas kepolisian untuk meningkatkan kesiapan pengamanan pemilu yang akan berlangsung pada 17 April mendatang

Koordinator Latihan PHH Pasiops Kodim 0104/Aceh Timur, Kapten Inf Suharianto mengatakan bahwa, tujuan dilaksanakannya latihan PHH tersebut untuk melatih kemampuan anggota dalam menangani dan menanggulangi huru-hara.

Karena tidak menutup kemungkinan, hal itu bisa saja terjadi di setiap tahapan pemilu, terutama saat menjelang Pileg dan Pilpres 2019 nanti.

“Ini merupakan salah satu tugas pokok TNI dalam menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif,” ujarnya, Senin (11/2/2019).

Lanjut Pasiops, latihan PHH dilakukan guna melatih anggota dalam menghadapi aksi anarkis massa, sehingga tindakan cepat harus diambil.Diharapkan anggota tidak ragu-ragu dalam melaksanakan tugas sesuai prosedur yang berlaku.

Dalam latihan tersebut, meliputi tiga sesi materi yakni latihan formasi, latihan penindakan massa dan latihan penyelamatan korban.

Ia juga berharap, dengan mengikuti latihan PHH ini, seluruh anggota dapat memaksimalkan tugas sebagaimana mestinya.

“Dalam latihan PHH ini, profesionalitas setiap prajurit akan meningkat sesuai dengan tugas dan jabatannya masing-masing, serta kemampuan personel dalam hal taktik dan teknis serta prosedur tetap yang harus dilaksanakan apabila menangani terjadinya aksi unjukrasa yang dilakukan dapat tercapai dengan baik,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Dandim 0104/Aceh Timur. Dia mengatakan, prajurit TNI harus menjaga netralitas pada Pemilu serentak.

“Sebab, jika sampai terjadi ketidak netralan aparat keamanan dampak yang ditimbulkan sangat besar,“ pungkasnya. (Red).
Komentar Anda

Berita Terkini