|

Arti Habib Menurut Mahfud MD

FaktaNews.id - Nama Habib terus menjadi perbincangan, khususnya setelah Habib Bahar Bin Smith ditahan Polda Jawa Barat karena menjadi tersangka dugaan kasus penganiayaan anak.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) merupakan salah satu tokoh yang ikut menjelaskan makna dan arti nama Habib. Menurut dia, banyak orang yang tidak paham arti habib.

"Bnyk orang tak paham arti Habib. Habib itu sebutan hormat dan sayang kpd kpd seseorang. Misal kpd Rektor, Menteri, Dirut PJKA. Tak semua yg dipanggil Habib keturunan Nabi. Keturunan Nabi sebutannya ada 2: 1) Syarif/Syarifah (jalur Hasan); 2) Sayyid/Sayyidah (jalur Husein)," cuit Mahfud melalui akun Twitter miliknya @mohmahfudmd, Rabu (19/12/2018).

Mahfud kemudian ditanya oleh followernya @koenhan: "Wah pd salah kaprah semua kalok getu"

Guru besar Universitas Islam Indonesia (UII), ini menjawab bahwa habib memiliki arti yang terhormat dan bukan keturunan nabi. Dan bahkan, kata dia, Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Mohammad Nazaruddin saja pernah dipanggal habib.

"Bnyk yg sok tahu sj ttg arti Habib, lalu menyalahkan orng yg tahu. Habib itu kira2 artinya Yang Terhormat atau Tuan, spt Tuan Hamid. Nazaruddin yg bendahara Partai Demokrat itu dulu dipanggil Habib oleh orang2 Pasuruan. Sekali lagi, yg dipanggil Habib itu blm tentu keturunan Nabi," tukas Mahfud.

Mahfud sendiri dipanggil habib kala dirinya berada di Saudi. Padahal, seperti dijelaskannya, Mahfud merupakan keturunan Madura, Jawa Timur.

"Saya saja keturunan wong ndeso di Madura. Tapi kalau ke Saudi dan ketemu orang sering dipanggil Habib. Pernah pula mendapat surat dlm Bahasa Arab yg ditujukan kpd Alhabib Mahfud. Ada juga sih orang biasa yg memang memakai habib, misal, Jenderal Hasnan Habib dan Sdr. Habib Chirzin," cuitnya lagi.

Untuk diketahui, penjelasan Mahfud soal arti Habib ini tak terkait dengan nama Habib Bahar yang menyandang status tersangka dan ditahan karena kasus penganiayaan anak. (RF)
Komentar Anda

Berita Terkini