|

Jadi Tersangka KPK, Golkar Evaluasi Pencalonan Bupati Imas di Pilkada Subang

FaktaNews.id - Korbid Pemenangan Pemilu Sumatera DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menyatakan pencalonan Imas Aryumningsih pada Pilkada Subang 2018 akan dievaluasi. Tindakan ini menyusul penetapan Imas sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus korupsi perizinan di Kabupaten Subang 2017-2018.

"Kami cukup kecewa dan prihatin bahwa para kepala daerah, khususnya pimpinan atau kader Golkar, tidak mengambil pelajaran dari peristiwa serupa yang dialami kepala daerah lain sebelumnya dan masih saja melakukan hal yang sama. Apalagi Golkar secara terbuka telah mendeklarasikan Gerakan Golkar Bersih," kata Doli dalam pesan singkatnya, Rabu (14/2/2018).

Padahal, kata Doli, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartanto berkali-kali secara tegas meminta agar seluruh kader, khususnya yang saat ini diberi tanggung jawab sebagai pejabat negara, baik yang ada di eksekutif maupun legislatif, untuk menghindari praktik-praktik korupsi.

Oleh karena itu, lanjut ia, DPP Golkar akan melakukan tindakan tegas terhadap kader yang masih ikut terjerat kasus korupsi, termasuk terhadap Bupati Subang yang juga sedang mencalonkan kembali.

"Seperti yang sering saya sampaikan, Golkar hari ini "zero tolerance" terhadap korupsi. Pencalonannya segera dievaluasi sesuai dengan undang-undang dan ketentuan yang berlaku, walaupun pasti tidak mudah, karena akan menghadapi beberapa constrain," kata Doli.

Sikap tegas itu, kata Doli, penting untuk menjaga konsistensi Golkar dengan tag line barunya dan menghindari adanya pengaruh negatif terhadap calon-calon Golkar di daerah yang lain, khususnya di Jawa Barat.

Ia juga berharap KPK dalam melakukan OTT atau menetapkan para Kepala Daerah sebagai tersangka benar-benar objektif, profesional, dan bebas dari tendensi politik apalagi terhadap partai politik tertentu.

"Posisi Golkar jelas dan tegas, mendukung penuh KPK dalam melakukan pemberantasan korupsi," tandasnya.

Diketahui dua kepala daerah dari Golkar yakni Bupati Subang, Imas Aryumningsih, terjaring OTT pada Rabu (14/2/2018) ini. Dia terjaring OTT atas dugaan suap perizinan di Kabupaten Subang. Teropongsenayan
Komentar Anda

Berita Terkini