-->
    |

Nobar Wayang Virtual, Anies Sapa Warga Rusun Kampung Aquarium

Faktanews.id - Organisasi Relawan Perkumpulan DPP SOHIB INDONESIA Bersama Koperasi Kampung Aquarium, Persatuan Perdalangan Indonesia dan Komunitas Pelestarian Seni Budaya Nusantara melaksanakan acara nonton bareng virtual wayang 

“bedah ing bungkus” dengan dalang Ki Kondho Srinanjaya (Sun gondrong) dalam rangka tasyakuran Peresmian Kampung Susun Aquarium di Jakarta Utara.

Kegiatan ini dilakukan persis di halaman depan rumah susun kampung aquarium yang baru saja di resmikan Selasa, 17 Agustus 2021 oleh Bapak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Warga sangat antusias menyambut tasyakuran yang diadakan di wilayahnya, terbukti dengan sukarela menyiapkan segala keperluan panitia acara sepeti karpet, proyektor, sound system, snack dan tumpeng yang disiapkan. Kegiatan dihadiri lebih dari 100 orang warga kampung susun aquarium, panitia senantiasa mengingatkan pentingnya menjaga jarak dan memakai masker dengan benar. 

Siti Mafruroh Ketua Umum DPP SOHIB INDONESIA menjelaskan acara Wayangan di Kampung Susun Aquarium, bahwa kegiatan diawali dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Koperasi Kampung Susun Aquarium Ibu Dharma Diani yang diberikan langsung kepada Mas Chozin Amirullah yang dalam hal ini sebagai TGUPP dan Perwakilan dari Bapak Gubernur Anies Baswedan.

"Alhamdulillah, acara Tasyakuran berlangsung dengan sangat hikmat dan tertib sampai dimulainya nonton wayang virtual", ujar Siti Mafruroh Ketua Umum DPP SOHIB INDONESIA.

Andi Kadir Anwar yang hadir memberikan sambutan sebagai Ketua Sohib Indonesia menyatakan dalam sambutannya, bahwa melestarikan budaya nonton wayang adalah kewajiban kita Bersama. Sebagai generasi muda, kita tahu bahwa seni wayang Indonesia merupakan kesenian asli Indonesia yang diakui oleh UNESCO yang merupakan organisasi Pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan PBB. Wayang dengan berbagai tokoh dan perannya mampu menerjemahkan kondisi yang dihadapi saat ini.

Dalam sambutan virtualnya Bapak Gubernur Anies Baswedan menyampaikan selamat menyaksikan pagelaran wayang virtual dalam rangka peresmian kampung susun aquarium yang bertepatan dengan bulan kemerdekaan republik Indonesia yang ke-76.

"Kepada keluarga besar rumah susun kampung aquarium yang saat ini sedang menonton pagelaran wayang virtual bareng, Selamat menempati rumah baru, dan mari kita sama-sama menjaga dengan baik, tetap rukun dan tetap Bersatu menjaga lingkungan dengan baik. Sebagai rasa syukur terhadap peresmian rumah susun kampung aquarium kita menggelar wayangan virtual dengan tema “Bedah Ing Bungkus” atau sang bimo seno yang dimainkan dalang kondang dari Tulung agung yaitu Ki Sun Gondrong", ujar Anies Baswedan dalam Sambutan Virtualnya.

Anies Baswedan melanjutkan bahwa Cerita ini menjelaskan bagaimana sang bima yang selama 12 tahun terkurung oleh ari-arinya yang tidak bisa pecah. Namun disisi lain, selama di dalam bungkus tersebut sang bima mendapatkan bimbingan spiritual dari dewa bayu sehingga bungkusnya mampu dibedah oleh gajah seno. Semoga acara ini membawa keberkahan dan hikmah bagi kita semua. (HAQ)
Komentar Anda

Berita Terkini