-->
    |

Warga Aceh Tenggara Bersihkan Material Lumpur dari Rumah

Faktanews.id - Masyarakat dari beberapa desa di Kecamatan Lawe Bulan dan Deleng Pohkisan, Kabupaten Aceh Tenggara, mulai membersihkan material lumpur dari rumah mereka. Lumpur tersebut terbawa saat banjir bandang terjadi pada Sabtu (14/11), sekitar pukul 23.00 WIB.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengatakan, banjir telah surut di wilayah terdampak pada Minggu ini (15/11) sehingga masyarakat dapat membersihkan material lumpur yang ada di rumah maupun lingkungan sekitar. 

"Tiga desa terdampak yakni Desa Lawe Sagu Hulu di Kecamatan Lawe Bulan dan Desa Kati Jeroh di  Kecamatan Deleng Pohkison," ujarnya.

Menurut dia, kejadian tersebut dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tenggara mencatat per 15 November 2020, data korban terdampak berjumlah 266 jiwa dan 4 KK mengungsi ke tempat kerabat. Sedangkan kerugian material, sebanyak 41 unit rumah mengalami rusak ringan dan 8 rusak berat. 

"Saat kejadian, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Aceh Tenggara segera melakukan kaji cepat dan koordinasi dengan instansi terkait. Setelah banjir surut, masyarakat bergotong royong untuk membersihkan material lumpur. Satu unit eksavator dikerahkan untuk membersihkan material lumpur," tukasnya.

Dia meminta masyarakat untuk terus waspada dan siap siaga dalam menghadapi musim penghujan, khususnya di tengah adanya fenomena La Nina. 

"Berdasarkan data bencana setiap tahun, bencana hidrometeorologi merupakan bencana yang dominan terjadi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang," katanya.

Komentar Anda

Berita Terkini