-->
    |

Mabes Polri Periksa Dua Pelapor Dugaan Jual Beli Ijazah Bupati Lahat Cik Ujang

Faktanews.id - Penyidik Badan Reserse Kriminal Polri mulai memeriksa dua pelapor dugaan jual beli ijazah atas nama Bupati Lahat Cik Ujang, pada Senin (17/11/2020). 

Mereka adalah Ketua Badko Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Bambang Irawan dan Ketua DPC Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Kota Palembang, Adi Bedman. Mereka diperiksa kurang lebih tiga jam, mulai pukul 10.00 sampai 13.00 WIB. 

Penyidik mencecar belasan pertanyaan kepada mereka terkait dugaan jual beli ijazah atas nama Cik Ujang tersebut.

"Ada sekitar kurang lebih 12 pertanyaan yang ditanyakan kepada kami," ujar Bambang kepada wartawan di kantor Bareskrim Polri usai menjalani pemeriksaan.

Menurut Bambang, ada tambahan dokumen yang diserahkan dirinya kepada penyidik. Dengan adanya dokumen tambahan itu, dia meyakini penyidik bersikap objektif dan profesional.

"Kami juga melampirkan 21 bukti, satu buktinya itu mengenai Tanda tangan Cik Ujang sebagai Bupati Lahat," tambahnya.

Hal yang sama juga disampaikan Adi. Dia berharap penyidik serius mengusust kasus dugaan jual beli ijazah dan penggunaan gelar sarjana tanpa hak. 

"Harapan kami pihak kepolisian serius mengungkap kasus ini. Ini mencederai dunia pendidikan di Indonesia terutama di Sumsel. Ini demi keadilan dan biar kasus serupa tidak terulang kembali di masa depan dan kampus lain," katanya.

Sebelumnya, Sejumlah organisasi aktivis mahasiswa melaporkan Bupati Lahat Cik Ujang ke Mabes Polri pada Rabu (4/11/2020). Mereka tergabung dalam Organisasi Kepemudaan Sumatera Selatan Bersatu (OKSB).

“Ini merupakan tindak lanjut dari konferensi pers yang kami gelar pada 24 September 2020 lalu di kota Palembang tentang ramainya polemik ijazah sarjana bupati Lahat, Cik Ujang. Hari ini kami melaporkan beliau ke Bareskrim tentang dugaan tindak pidana jual beli ijazah, selain itu kami juga melaporkan Bupati Lahat tentang dugaan tindak pidana penggunaan gelar akademik yang tanpa hak. Kami sudah lampirkan sejumlah barang bukti ke Bareskrim,” kata M. Iqbal, salah satu pelapor dugaan jual beli ijazah atas nama Cik Ujang.  (MMA)

Komentar Anda

Berita Terkini