-->
    |

GPPB Minta Pemerintah Evaluasi Penanganan Covid-19

Faktanews.id - Gerakan Pemuda Pembaharu Bangsa (GPPB) meminta pemerintah melakukan evaluasi penanganan pandemi Covid-19. Sebab, kasus baru terus melonjak. 

Ketua Umum Gerakan Pemuda Pembaharu Bangsa (GPPB), Abraham mengatakan, meledaknya kasus covid 19 yang terjadi beberapa hari terakhir menandakan bahwa pandemi ini belum usai. Dan hal itu sangat berpotensi melumpuhkan sektor sektor penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, terutama sektor perekonomian. 

"Lonjakan ini disinyalir karena masih banyak masyarakat yang abai terhadap protokol kesehatan dan kurang waspada," ujar Abraham dalam keterangan tertulisnya, Minggu (15/11/2020).

Menurut Abraham, naiknya curva kasus covid itu berasal dari beberapa klaster. Misalnya, kata dia, klaster liburan dan klaster demostrasi karena satu bulan terakhir ini. Menurut dia, baik mereka yang liburan maupun aksi demonstrasi, tidak menerapkan protokol kesehatan. 

"Kami meminta pemerintah melakukan evaluasi penanganan dan penerapan aturan yang ada, terkhusus untuk wilayah yang masih tinggi lonjakan kasus baru. Evaluasi ini harus dilakukan dari jajaran pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten atau kota untuk menentukan arah kebijakan dan mengambil keputusan yang tepat dan juga sebagai langkah antisipasi terhadap kenaikan kasus dikemudian hari," katanya.

Abraham juga meminta pemerintah segera membuat kebijakan untuk melakukan program rapid test dan swab test di tingkat RT/RW yang wilayahnya masih tinggi penularan kasus covid-19. Hal ini sangat penting untuk mengidentifikasi potensi sebaran Covid-19. 

"Hal ini kami usulkan adalah sebagai upaya untuk menekan laju peningkatan kasus covid19.Tentunya pemerintah juga tidak bisa bekerja sendiri, masyarakat juga memiliki peranan penting dalam hal ini, yaitu masyarakat harus menaati protokol kesehatan yglang sudah ada dan menerapkan gaya hidup sehat, tidak melakukan kerumunan. Dan juga tidak membuat event yang bersifat mengumpulkan orang banyak, kami harap pemerintaj dan masyarakat bisa bekerjasama untuk memerangi pandemi ini," tandasnya. (RTH)


Komentar Anda

Berita Terkini