-->
    |

Mendagri Serahkan KTP-el pada Pemilih Pemula Sebagai Hadiah Ulang Tahun

Faktanews.id - Menteri Dalam Negeri Prof. HM. Tito Karnavian berkunjung sekaligus menggelar serangkaian acara antara lain launching Gerakan Sejuta Masker, Rakor Pelaksanaan Pilkada 2020 dan Pencegahan Covid-19 serta membagikan KTP-el secara simbolis kepada para pemilih pemula di Gedung Patra Ayu Pertamina, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Rabu (5/8/2020).

Penyerahan secara simbolis KTP-el bagi 4 orang pemilih pemula di Kabupaten Indramayu oleh Mendagri Tito Karnavian ini menjadi momentum terindah sebagai hadiah ulang tahun karena memasuki usia 17.

Mendagri Tito pun memberikan apresiasi kepada jajaran Ditjen Dukcapil Kemendagri atas layanan jemput bola perekaman KTP-el di Kabupaten Indramayu

"Terima kasih kepada Ditjen Dukcapil yang sudah memberikan layanan istimewa kepada masyarakat khususnya para pemilih pemula yang tahun ini memasuki usia 17 tahun sehingga bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada 2020 di Kabupaten Indramayu," kata Mendagri.

Yang menarik, Mendagri Tito pun melalui Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Prof. Zudan Arif Fakrulloh akan memberikan hibah bantuan berupa Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) kepada Pemkab Indramayu.

"Mesin ADM ini mampu mencetak KTP-el dan dokumen kependudukan lainnya paling lama 5 menit," kata Mendagri disambut tepuk riuh hadirin pada acara launching Gerakan Sejuta Masker, Rakor Pelaksanaan Pilkada 2020 dan Pencegahan Covid-19.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, mayoritas warga yang belum memiliki KTP-el berasal dari kelompok umur pemilih pemula. Untuk itu, Prof. Zudan memerintahkan tim Dinas Dukcapil di daerah agar fokus melayani perekaman KTP-el ke sekolah dan kampus.

Perekaman ini merupakan tindak lanjut Surat Edaran Dirjen Dukcapil Kemendagri RI Nomor 471.13/2100/Dukcapil tanggal 6 Maret 2019 tentang Pelayanan Jemput Bola Perekaman KTP Elektronik Goes to Campus/School.

"Untuk pelajar yang telah berusia 17 tahun, setelah perekaman, KTP elektroniknya langsung dicetak. Sementara bagi yang masih berusia 16 tahun, KTP-el yang bersangkutan akan dicetak saat usianya sudah 17 tahun," kata Dirjen Zudan.

Berdasar catatan Dinas Dukcapil Kabupaten Indramayu, hasil perekaman KTP-el yang dilakukan seharian penuh melalui mobil pelayanan di Gedung Patra Ayu Pertamina, kemarin berhasil merekam sebanyak 77 orang dan langsung dicetak sebanyak 77 keping KTP-el.

Sementara itu bahwa dalam rangka mendukung Pilkada 2020, di saat yang sama kemarin, ada 2 tim yang bergerak melalui kegiatan "Lare Ceting" (Layanan Rekam & Cetak KTP-el Keliling).

Hasilnya sebanyak 125 orang sudah direkam datanya di Desa Sukra, Kecamatan Sukra. Sedangkan di Desa Patrol, Kecamatan Patrol penduduk yang direkam data KTP-el sebanyak 71 orang.

Menurut Kadis Dukcapil Kabupaten Indramayu Moh. Iskak Iskandar, print ready record (PRR) hasil perekaman tersebut segera dicetak menjadi KTP-el di kantor Disdukcapil Indramayu.

"Kami segera cetak KTP-el nya di kantor, karena di lapangan saat merekam tidak tersedia printer untuk mencetak. Hasilnya segera diumumkan melalui website dan whatsapp," kata Iskandar.

Adapun yang beruntung mendapat hadiah ulang tahun ke-17 berupa penyerahan KTP-el adalah 4 remaja warga Indramayu 5 Agustus 2003. Mereka adalah:

1. Nurkholis, asal Desa Segeran Kidul, Kecamatan Juntinyuat;

2. Siti Agnisa Aulia, Desa Plumbon, Kecamatan Indramayu;

3. Lulu Agustin, Desa Dukuh, Kecamatan Indramayu; dan

4. Olivia Fathar, Desa Dadap, Kecamatan Juntinyuat. (FIK)
Komentar Anda

Berita Terkini