-->
    |

Survei LSI Denny JA: Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Bupati Ogan Ilir 71,37 Persen

Faktanews.id - Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI Denny JA) Skolastika Meitrisya Aprodite mengatakan, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam 71,37 persen.

Hal tersebut disampaikan Skolastika merujuk pada hasil survei LSI yang dilakukan di Kabupaten Ogan Ilir pada 6-10 Juli 2020 dengan total 440 responden yang tersebar di seluruh kecamatan dengan perbandingan karakteristik demografis dan geografis yang proporsional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka langsung. Multistage random sampling dipilih sebagai metode survei dengan selang kepercayaan 95% dan margin of error 4,76%.

"Hasil survei menunjukkan menyebutkan bahwa sebesar 71,37% persen masyarakat menyatakan sangat puas dan puas terhadap kinerja bupati. Selain itu, 66,13% persen masyarakat menilai pemerintahan Ilyas Panji Alam sangat berhasil dan berhasil," ujar Skolastika dalam keterangan tertulisnya, Minggu (19/7/2020).

Sementara itu menurut Skolastika, masyarakat Ogan Ilir juga menilai Bupati Ilyas Panji Alam berhasil mengatasi berbagai masalah umum. Hal itu terlihat dari penilaian masyarakat terhadap kinerja Bupati Ilyas Panji Alam dam berbagai bidang seperti pelayanan pendidikan, pelayanan keeamanan, pelayanan kesehatan, penyediaan akses listrik dan air bersih, masalah pelayanan administrasi publik seperti KTP, KK, Akte, dan lain-lain.

Juga pelayanan fasilitas kebersihan, penanggulangan banjir, pengelolaan dana desa,  pembangunan Infrastruktur Rumah Sakit,  pelayananhukum, perbaikan tata kota dan penerangan jalan, pembangunan infrakstruktur jalanan wilayah desa, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), pemberantasan korupsi dan penyediaan lapangan kerja.

"Tingkat kepuasan tertinggi yang diberikan masyarakat dalam penanganan masalah Pendidikan, keamanan, kesehatan, penyediaan listrik dan air bersih, dan pelayanan administrasi public (KK, KTP, dll) dengan persentase di atas 70 persen," tukasnya.

Terkait bantuan sosial (Bansos) Covid-19, Skolastika juga menyampaikan bahwa lebih dari 93,41 persen masyarakat mengetahui program Bansos Covid-19 tersebut.

"Dan ada sebesar 88,32% masyarakat menerimanya serta 98,32% masyarakat merasakan manfaata danya bansos tersebut," katanya.

Skolastika juga menambahkan terkait survei elektabilitas kandidat calon Bupati Ogan Ilir jika Pilkada dilaksanakan hari ini. Disebutkan, ada sepuluh kandidat Calon Bupati yang disevei. Mereka adalah Ilyas Panji Alam, Ahmad Wazir Noviadi Mawardi, Endang PU Ishak, Suharto, Panca Wijaya Akbar Mawardi, Rusdi Tahar, Yulian Gunhar, Amir Hamzah, Fauziah Mawardi Yahya dan Zaitun Mawardi Yahya.

"Saat ini Ilyas Panji Alam (incumbent) menjadi top of mind yang sangat kuat sebagai kandidat calon bupati yang akan dipilih 47,73%, AW Noviadi Mawardi 12,05 % masih jauh di bawah Ilyas Panji Alam. Kandidat lainnya masih memiliki tingkat elektabilitas yang sangat rendah di bawah 5%. Dan

"Masih cukup banyak masyarakat yang belum menentukan pilihan mereka secara spontan 35.46% yang dapat dikategorikan sebagai swing voters," tambahnya.

Jika misalnya Pilkada Ogan Ilir hanya diikuti 7 kandidat, Skolastika mengatakan hasil survei tetap menunjukkan potensi keterpilihan Ilyas Panji Alam pada simulasi tertutup sebagai Bupati dengan tingkat elektabiltas 56,82 persen. Sementara AW Noviadi Mawardi tetap berada di urutan kedua dengan selisih yang jauh di bawah elektabilitas Ilyas Panji Alam.

"Hampir seluruh masyarakat saat ini sudah dapat menentukan pilihan mereka untuk sementara diantara tujuh calon kandidat yang ditentukan. Hanya 18,63% yang belum memberikan jawaban," katanya. (FIK)
Komentar Anda

Berita Terkini