|

Massa Gerakan Mahasiswa Jakarta Bersatu Demo Kantor Mendikbud: Stop Komersialisasi Pendidikan

Faktanews.id - Ratusan massa Gerakan Mahasiswa Jakarta Bersatu (GMJB) melakukan aksi demonstrasi di kantor Kemendikbud, Senin (22/6/2020) Massa membawa sejumlah poster dan spanduk. Mereka mengkritisi kebijakan yang ditempuh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Perwakilan GMBJ, Abraham mengatakan, kebijakan Mendikbud yang menerapkan aturan belajar peserta didik di tengah pandemi Covid-19 secara online ini perlu dievaluasi. Sebab, menurut Abraham, tidak ada fasilitas sekolah atau kampus yang digunakan pesera didik dalam peroses belajar secara online.

"Semestinya pemerintah juga memperhatikan persoalan biaya yang harus dibayar, karena para pelajar dan mahasiswa tidak menggunakan fasilitas kampus secara normal," ujar Abraham dalam kesempatan itu.
Berdasarkan laporan yang diterima GMBJ, Abraham mengatakan, banyak siswa, khususnya mahasiswa yang sudah meminta keringanan pembayaran biaya kuliah kepada pihak kampus. Namun, katanya, pihak kampus tidak merespon apa yang dikeluhkan mahasiswa tersebut. Sebaliknya, kata Abraham, pihak kampus malah melakukan tindakan represif kepada masiswa.

"Dan kami meminta Kemendikbud memberikan teguran dan sanksi kepada Universitas yang represif dan anti kritik terhadap mahasiswa," tukasnya.

BMBJ, menurut Abraham juga meminta Mendikbud tidak nenjadikan dunia pendidikan sebagai ladang komersialisasi. Mendikbud harus mendengarkan aspirasi mahasiswa.

Abraham kemudian membacakan tuntutan GMBJ yang ditujukan kepada Mendikbud. Berikut 6 tuntutan GMB selengkapnya.

1. Stop komersialisasi dan liberalisasi dunia pendidikan.

2. Mendesak pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan untuk membuat regulasi potongan biaya pendidikan sebesar 50% ditengah masa pandemi.

3. Hentikan intimidasi dan kriminalisasi terhadap mahasiswa.

4. Berikan transparansi statutaperguruan tinggi berdasarkan UU No. 12 th. 2012 pasal 78.

5. Kembalikan pendidikan yang membebaskan bukan yang menindas.

6. Mengecam seluruh pihak yang memanfaatkan situasi dan kondisi hari ini untuk kepentingan pribadi, kelompok, maupun golongan.

Untuk diketahui, organisasi Mahasiswa dan BEM yang tergabung pada GMBJ adalah:

1. BEM Universitas Mercubuana
2. BEM STPI
3. BEM UNKRIS
4. BEM UPI-YAI
5. BEM UTA 45
6. JONG MACA
7. BEM UIC
8. LMND DKI Jakarta
9. SEMMI Jakarta Pusat
10. GMNI Jakarta Barat
11. GMNI Jakarta Pusat
12. PMKRI Jakarta Pusat
13. PMKRI Jakarta Timur
14. PMKRI Jakarta Selatan
15. PMKRI Jakarta Utara
16. HMI Jak-Pus-Tara
17. HMI Jakarta Timur
18. PMII Jakarta Timur
19. PMII Jakarta Barat
20. GPPB DKI Jakarta
21. GMKI Jakarta
22. SAPMA PP Jakarta Utara

Komentar Anda

Berita Terkini