|

Kejadian ABK Di Korea Harus Jadi Momentum Perbaikan

Faktanews.id - Anggota DPR RI Obon Tabroni meminta peristiwa tragis yang dialami anak buah kapal (ABK) Indonesia yang bekerja di kapal China Long Xing 629 menjadi momentum bagi pemerintah untuk memaksimalkan perlindungan terhadap tenaga kerja Indonesia. ABK tersebut sempat berada di Busan, Korea Selatan.

"Penting bagi pemerintah untuk memaksimalkan perlindungan upah, jaminan sosial, termasuk jaminan keamanan bagi setiap ABK. Terutama yang bekerja di luar negeri," kata Obon Tabroni.

Menurut Obon, kejadian ini jangan disikapi biasa-biasa saja. Pemerintah harus bertindak cepat dan tegas. Sebab jika tidak disikapi dengan serius, akan semakin banyak tenaga kerja asal Indonesia yang diperlakukan sewenang-wenang di negara lain.

Pria yang duduk di Komisi IX DPR RI ini juga meminta agar pemerintah, khususnya menteri terkait segera menurunkan tim investigasi guna mencari fakta apa yang sebenarnya terjadi.

Selain mempercepat regulasi mengenai perlidnunga ABK, Obon Tabroni juga meminta agar dilakukan koordinasi yang lebih intensif antara Kementerian Ketenagakerjaan, BP2MI, dan Departemen Perhubungan. Sehingga jangan sampai terkesan lempar tanggungjawab ketika terjadi permasalahan.

Komentar Anda

Berita Terkini