-->
    |

Suharso Kunjungi Proyek Tol Trans Sumatera Di Banda Aceh

Faktanews.id - Pemerintah Indonesia terus mengebut penyelesaian ruas jalan tol pertama di Aceh. Targetnya, proyek jalan tol yang akan menghubungkan Sigli dan Banda Aceh selesai pada akhir tahun 2021 mendatang. Hal ini terlihat saat Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa melakukan kunjungan kerja dengan mengunjungi proyek ruas tol ini di kantor Divisi Pengembangan Jalan Tol Ruas Sigli – Banda Aceh di Kecamatan Blang Bintang, Banda Aceh pada hari Jumat (13/03/2020) siang hari.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dan Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo mengatakan bahwa jalan tol sepanjang 74 km ini sudah bisa berfungsi sebagian pada lebaran tahun 2020 ini, atau di bulan April mendatang.

Untuk proyek ini, Pemerintah Pusat telah menugaskan PT Hutama Karya (Persero) sebagai pelaksana proyek Jalan Tol Trans Sumatera. Penugasan itu dituangkan melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 100 Tahun 2014 serta Perpres Nomor 117 Tahun 2015.

Ruas tol Banda Aceh - Sigli sepanjang 74 km dikerjakan dalam enam seksi, yakni Seksi 1 Padang Tiji-Seulimeum 25,2 km, Seksi 2 Seulimeum-Jantho 6,1 km, Seksi 3 Jantho-Indrapuri 16 km, Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang 14,7 km, Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro 7,7 km, dan Seksi 6 Kuto Baro-Simpang Baitussalam 5 km.

Pembangunan jalan tol Banda Aceh-Sigli merupakan salah satu ruas Tol Trans Sumatera yang menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN). Dengan dibangunnya tol akan memangkas jarak dan waktu tempuh perjalanan dari Banda Aceh ke Sigli dari sekitar 2-3 jam dengan kondisi jalan yang berkelok-kelok melalui perbukitan menjadi hanya 1 jam perjalanan.


Komentar Anda

Berita Terkini