-->
    |

Senator Angelo dorong Pemprov dan Bupati-Walikota se-NTT Siapkan Skema Karantina Cegah Covid-19

Faktanews.id - Wabah virus corona semakin mencemaskan. Pemerintah pusat dan daerah terus melakukan upayah untuk mencegah penyebaran pendemi covid-19 tersebut.

Anggota DPD RI, Angelo Wake Kako tak ingin korban jiwa manusia terus berjatuhan gegara virus yang berasal dari Wuhan, China ini. Dia lantas meminta pemerintah provinsi dan Bupati-Walikota se-Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan skema karantina bagi tamu yang masuk ke wilayah NTT.

Skeman karantin menurut Angelo sangat penting agar NTT benar-benar aman dan terhindar dari wabah bahaya covid-19.

"Kita bersyukur, karena masih ada wilayah propinsi tertentu yang masih negatif sampai saat ini, dan NTT termasuk didalamnya. Sebagai propinsi kepulauan, pencegahan penularan menjadi prioritas dilakukan terhadap para tamu yang masuk ke NTT, dengan melakukan karantina oleh pemerintah selama 14 hari," ujar Angelo, Sabtu, (28/3/2020)

Menurut Angelo, karantina dimaksud dirinya bukan isolasi mandiri berupa himbauan seperti selama ini melainkan dilakukan oleh pemerintah setempat dengan menyiapkan tempat khusus seperti memanfaatkan ruangan sekolah yang selama ini diliburkan.

"Pemerintah daerah bisa menyiapkan tempat khusus seperti ruangan kelas, kebetulan saat ini sedang libur, dan kepada mereka yang masuk ke NTT siapapun dia wajib dikarantina selama 14 hari, baru diserahkan kepada keluarga apabila negatif ataupun langsung dirujuk ke RS apabila ditemukan gejala yang mengarah kepada Covid-19," tandas Anggota komite 2 DPD RI ini.

Angelo meyakini skema karantina yang disarankan dirinya kepada pemrov dan pemda NTT dapat memutus mata rantai covid-19 di NTT.

"Apabila ini dilakukan, maka niscaya NTT akan tetap menjadi daerah yang aman sampai wabah ini berlalu, dan kepanikan serta keresahan masyarakat bisa mulai diminimalisir," tutup Angelo yang juga aktivis pergerakan ini. (RF)
Komentar Anda

Berita Terkini