-->
    |

Hari Ini, Ada Pementasan Monolog 'Pisang Terakhir' di TIM

(Rizal Siregar)
Faktanews.id - Ketika manusia dipenuhi dengan rutinitas dan  jadwal  yang padat maka diperlukan menjalin dengan masa lalunya meski itu sudah tertinggal puluhan tahun.

Masa lalu tidak hanya dikenang tapi juga  suatu pembelajaran untuk hari ini dan esok. Posisi yang sudah diraih oleh manusia tak terlepas dari masa lalunya.

Demikian pesan yang akan disampaikan pementasan monolog 'Pisang Terakhir' karya dan sutradara Rizal Siregar produksi Teater Imago Indonesia Jakarta ini.

"Kisahnya tidak ribet yakni tentang tokoh Arya Kamandanu. Masalah kekinan yakni tentang kejenuhan manusia dengan rutinitas. Karena diburu oleh waktu yang padat  membuat tokoh yang ada di dalam cerita sampai lupa dengan lingkungan dan masa lalunya," kata Sutradara Rizal Siregar, melalui keterangan persnya, Jumat (6/3/2020).

Pementasan yang akan digelar pada pukul 19.30 WIB, Sabtu, (7/3/2020) di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jalan Cikini Raya 73, Jakarta Pusat ini dilakoni oleh aktor Surya Dharma.

"Melakoni peran Arya Kamandanu bagi saya sebuah tantangan. Sebab, karakternya unik. Beban batin yang dialaminya cukup berat. Tapi itulah peran, sebarat apapun tantangannya harus bisa dilakoni dengan baik," Kata Surya Dharma.

Sebagai seorang aktor Surya Dharma telah malang melintang dunia panggung dan musik mengatakan, proses latihan dua bulan membuatnya tetap bersemangat.

"Karena sosok Arya Kamandanu yang begitu berkarakter membuat saya harus melakukan berbagai riset," kata  aktor kelahiran Medan, 3 April 1958 ini.

Surya Dharma  pertama kali tampil sebagai seorang pemain teater lewat pementasan  'Sok' sutadara Buoy Hardjo di Taman Budaya Medan (1975). Tampil bersama  dalam lakon 'Pencuri Kepincut' (1976) sutradara  Burhan Piliang (1976). Kemudian tampil dalam lakon  'Nujum Pak Belalang' (1978) sutradara D. Rifai Harahap.

Hijrah ke Jakarta, aktor yang akrab disapa 'Pak Tua' ini sempat digarap Irwan Siregar dalam lakon 'Rayuan Destor' untuk  Festival Teater 5 wilayah DKI  (1988) Bersama Satu Merah Panggung pernah tampil dalam  pementasan Pesta Terakhir (1996) dan
Marsinah: 'Nyanyian dari Bawah Tanah' (1994), 'Anak-Anak Kegelapan'  (2003) Pernah  tampil Opas dalam 'Opera TIM' karya  Sudibyo JS di Graha Bhakti Budaya, TIM (2015).

Juga tampil  sebagai Ayah dalam Drama musikal Judul 'Jambar Ni Parsubang' di Teater Besar TIM (2015). Sempat juga berperan sebagai Guru dalam Naskah 'Perguruan' karya Wisran Hadi di Taman Budaya Semarang (2018). (RF)
Komentar Anda

Berita Terkini