-->
    |

Rangkaian Ibadah Menghadapi Wabah Virus Corona (Bagian Terakhir)

Faktanews.id - Dua tulisan sebelumnya telah disampaikan perihal menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta upaya meningkatkan  kebugaran dan kekuatan tubuh, dalam rangka mengadapi penyebaran wabah virus corona, dan  menjaga kesehatan secara umum. Untuk maksud yang sama, bagian ini akan membahas rangkaian ibadah dalam rangka meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

Sebelumnya perlu dketahui bahwa sesuai kaidah medical quran, kondisi sakit dan timbulnya kematian pada setiap mahluk hidup itu, bertumpu pada kondisi nafs _(kullu nafsin dzaiqotulmaut)._ Dalam kitan itu pada QS. 9. Attaubah, ayat 36, yang selain menerangkan perhitungan 4 bulan haram,  juga memuat larangan agar manusia tidak menthzolimi _nafs_ (sebagai sel-sel genetik), dirimu sendiri, _(falaa tathzlimuu fiihinna anfusakum)._

*Kandungan ayat di atas relevan dinyatakan berhubungan dengan perihal menjaga kesehatan nafs. Dan dijamin dapat dibuktikan secara ilmiah,  bahwa nafs yang dimaksud Alquran itu adalah sel genetik.*

Jadi upaya untuk meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh itu dalam kaidah medical quran berhubungan dan  ditujukan agar kondisi nafs sebagai sel genetik,  mampu berkembang, atau sekurang-kurangnya dapat mempertahankan diri.  Oleh karena itu unsur-unsur pembentukan nafs sebagai sel genetik, sangat dibutuhkan.

Ingat bahwa sel genetik itu berupa polimer berisi ratusan hingga ribuan nukleotida. Adapun tiap nukleotida itu mengandung gula pentosa deoksiribosa, gugus fosfat, dan basa nitrogen. Maka otomatis unsur-unsur lain yang bertentangan dan berlebihan, utamanya unsur gula apalagi sintetis, lemak jenuh, koleterol dan polutan atau radikal bebas termasuk jamur dan virus,  semacam corona,  akan merusak sel genetik. Selanjutnya unsur-unsur yang dapat mengganggu dan merusak nafs itu, mutlak harus dihindari dan dijauhi.

Adapun unsur-unsur yang berhubungan dengan kondisi dan perkembangan nafs itu, dalam kaidah medical quran diatur melebihi  aturan dalam dunia medis. Misalnya dalam hal makanan dan minuman, dunia medis hanya mengatur tentang kuantitas dan kualitas gizi. Sedang dalam syariah Islam berlaku kaidah kehalalan, kethoyiban dan tidak berlebih-lebihan.

Tiga kaidah itu menurut syariah bersifat equal, artinya kaidah tidak thoyib itu sama dengan tidak halal, dan sama dengan berlebih-lebihan. Atau sebaliknya berlebih-lebihan itu sama dengan haram, sama dengan tidak thoyib, demikian seterusnya.

Selanjutnya dalam 3 kaidah itu, melekat aspek sifat dan jenis makanan dan minuman,  sifat dan jenis pekerjaan,  serta sifat dan tabiat pasangan hidup. Dalam hal ini melanggar seluruh kaidah itu, otomatis akan merusak nafs, sebagai sel genetik. Artinya, melanggar kaidah itu, akan merusak sel genetik yang otomatis akan menimbulkan sakit, dan berujung kematian.

Di luar itu, Sunah mengajarkan etika dan cara makan dan minum. Misalnya tidak mengendus-endus dan  meniup makanan dan minuman, menetapkan waktu tidur lebih awal dan bangun sepertiga malam, karena jantung di bagian kiri, maka posisi tidur yang ideal miring ke kanan, dll,  dll.

Di dalam Alquran kesehatan nafs itu ditentukan oleh kondisi lambung (junuub), tulang belakang (thzuhur)  dan dahi (jibah) sebagaimana disampaikan pada QS. 9 .Attaubah, ayat 36.

Lambung adalah bagian utama perut yang memiliki peran penting dalam proses awal perkembangan nafs.. Maka terlepas dari perdebatan tentang Chadits puasa sunah di bulan Rajab, ibadah puasa adalah salah satu cara yang baik, bahkan paling efektif untuk menjaga kondisi pertumbuhan nafs, yang istilah dalam medis dapat dinyatakan sebagai bagian menjaga imunitas tubuh.

Proses peningkatan kekebalan tubuh itu terjadi karena saat puasa akan berlangsung pengurangan atau paceklik gizi di dalam tubuh. Kondisi menipisnya gizi itu, secara alamiah akan mendorong seluruh bagian tubuh bereaksi, dengan mengaktifkan seluruh sistem pertahanan diri, semaksimal mungkin. Kemudian dari gizi saat sahur dan buka puasa (pilih yang terbaik), tubuh akan memproduksi sistem imun baru, sel-sel baru yang dibutuhkan tubuh.

Bahkan menurut hasil studi terakhir, puasa 3 hari berturut-turut akan secara langsung dapat memperbarui sistem kekebalan tubuh. Karena itu, meskipun mengurangi makan, puasa dengan cara yang benar, akan membuat tubuh tidak mudah flu atau terkena wabah penyakit.

Jadi salah satu cara yang paling efektif untuk terhindar wabah virus, termasuk COVID-19  adalah berpuasa. Alasan lainnya saat berpuasa suhu tubuh akan naik menjadi lebih panas,  sehingga tidak disukai renik patogen yang belum adaptif di dalam tubuh seorang yabg sedang berpuasa Setidaknya kondisi itu menyebabkan virus tidak  dapat berkembang biak.

Selebihnya puasa akan memberikan manfaat kesehatan menurunkan gula darah dan meningkatkan produksi gula murni pentosa pada seluruh bagian tubuh.  Dan secara keseluruhan puasa akan meningkatkan kesehatan perut (Arab: _buthun_, jamak dari _batnun_), yang secara fisik melekat kaidah perbaikan kesehatan tulang belakang bagian perut (pinggang). 

Adapun secara holistik dalam kaidah Quran, _buthuun sebagai seluruh bagian perut_, berakar kata ba-tho-nun, dikamuskan Alquran sama dengan kata bathin. Karena itu secara langsung puasa berhubungan dengan kesehatan bathin, yakni akan menimbulkan kesenangan,  ketenangan dan kebahagiaan sehingga tubuh meningkat imunitasnya.

Dengan alasan itu dalam menghadapi wabah COVID-19, maka disarankan kaum muslimin melakukan dan memperbanyak puasa. Setidaknya dapat mengikuti sunah puasa Senin-Kamis, dan _ayyamul bidh_, yaitu puasa tengah bulan hijriyah, jatuh tiap tanggal 13, 14 dan 15, dengan cara yang benar.
Yakni, tetap makan sahur diakhir waktu dan mengawalkan berbuka, tidak minum es, menghindari makan mengandung pengawet,  perasa dan pewarna buatan, mengurangi gula, menghindari gula sintetik, jika terpaksa ingin rasa manis gantilah dengan madu,  serta perbanyak makan buah-buahan. Wajarlah makan dan minum, jangan sampai kekenyangan.

Bagi yang mengalami ganguan lambung, awali dan akhiri makan dengan sejumput garam. Jangan minum langsung banyak. Cukup yang disarankan Nabi, 3 teguk dulu. Baru setelah setengah jam, minum dalam jumlah lebih banyak.

Di atas segala ikhtiar itu, akhirnya kita berserah diri kepada Allah,  karena sebaik-sebaiknya pertolongan adalah perlindungan Allah SWT.

Marilah kita bertobat, memohon ampun dan terus-menerus berdoa bersama:

Astaghfirullah al Adzim 3x

Subhanallah al Adzim 3x

Bismilahirohmaa nirohiim 3x

Yaa Qowiyyu biquwwatika fanshurna x3

Artinya:

Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Adzim

Maha Suci Allah Yang Adzim

Ya Allah Yang Maha Kuat, dengan segala kekuatanMu, tolonglah kami.

Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan.
Aamiin ya Robbal alamin.

Oleh: Mochammad Sa'dun Masyhur


Penulis adalah  Holistic Healing Consulting, Expert and Inventor Medical Quran, tinggal di Bogor, Indonesia.
Komentar Anda

Berita Terkini