|

MUI Kota Bogor Himbau Umat Islam Tetap Laksanakan Shalat Jumat, Tapi Harus Waspada

Faktanews.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor mengeluarkan beberapa himbauan kepada umat Islam untuk mencegah penyebaran wabah virus corona.


Ketua MUI Kota Bogor, KH. Muhammad Musthofa Abdullah bin Nuh, mengatakan masifnya penyebaran virus covid-19 ini harus dijadikan momentuk bagi umat Islam untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT

"Dan tidak terlalu panik yang berlebihan terhadap wabah yang berkembang terkait penyebaran virus Corona," ujar Kyai Musthofa. 

MUI Kota Bogor, menurut Kyai Musthofa, meminta umat Islam menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang "halalan-thoyyiba" serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar. 

"Pola Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) di semua tempat dan kondisi," katanya.

Menurut dia, umat Islam jangan sampai meninggalkan kewajibannya, termasuk sholat Jum'at. Shalat Jumat harus dilaksanakan sebagaimana mestinya.

MUI Kota Bogor juga meminta umat Islam tetap melaksanakan sholat berjemaah di masjid atau di mosholla sebagaimana biasa sebagai bentuk taqorrub dan tawakkal kepada Allah. Dan diusahakan untuk melaksanakan qunut nazilah agar umat terhindar dari bahaya virus ini.

Namun demikain, umat Islam tetap mengedepankan kewaspadaan dan kehati-hatian sesuia anjuran pemerintah dan mengikuti langkah-langkah yang telah diputuskan pemerintah dalam mencegah wabah covid-19.

Menurut kyai Musthofa, sudah saatnya membudayakan dawam wudlu (Mulazamah Wudlu) sebagai bagian dari menjaga kebersihan dan kesucian lahir-bathin.

"Membentengi diri dan masyarakat dengan  memperbanyak dzikir, sholawat dan doa-doa lainnya dalam setiap kesempatan baik sendiri maupun bersama-sama," katanya. (RF)
Komentar Anda

Berita Terkini